Sepenting Apa Sih Makeup Itu?

eCampuz merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan sudah bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Melakukan perjalanan dinas dan meeting dengan klien di berbagai daerah sudah menjadi kegiatan rutin. Karena itu penampilan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh Tim eCampuz. Ingat bahwa first impression itu penting, terutama di dunia kerja. Penampilan yang menarik dapat memberikan kesan lebih profesional di hadapan klien.

Untuk laki-laki, mungkin masalah penampilan bukan hal yang terlalu rumit karena cukup bermodalkan sisir, pakaian rapi, sepatu yang berkilau, dan juga parfum. Tapi bagaimana dengan perempuan? Jangan ditanya bagaimana ribetnya Tim eCampuz ketika akan bertemu dengan klien, terutama seorang Application Specialist yang mayoritas adalah perempuan. Ribet banget, terutama urusan makeup. Walaupun urusan pakaian, jilbab, sepatu, dan rambut juga nggak kalah ribet. Tapi sekarang ngobrol soal makeup dulu karena kalau dibahas semua kok kesannya serakah sekali jadi manusia. Bukan karena malas menulis artikel loh ya.

Saya ada beberapa tips makeup untuk bertemu dengan klien agar penampilan menjadi terlihat lebih menarik dan profesional. Karena kita tidak pernah tahu jodoh akan datang dari mana, eh.

1. Jangan berlebihan

Tips yang pertama adalah jangan memakai makeup secara berlebihan. Pakai foundation tebal, alis tebal, blush on tebal, lipstick merah. Membayangkan saja sudah ngeri. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Nggak mau juga kan bertemu dengan klien dengan makeup yang menor? Nanti klien malah bingung, sebenarnya mau meeting atau mau kondangan.

5 Tips Makeup Buat Meeting Sama Klien 1
Photo by Tamara Bellis on Unsplash

Setiap orang membutuhkan produk makeup yang berbeda-beda karena memang kondisi kulit dan struktur wajah setiap orang berbeda-beda. Ada yang butuh concealer untuk menutupi bekas jerawat, ada yang tidak butuh karena memang kulitnya sudah mulus. Utamakan produk makeup yang memang dibutuhkan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

2. Pilih foundation atau bedak yang sesuai dengan warna kulit

Bagi yang kulitnya berminyak, bedak adalah produk makeup yang wajib dipakai ketika bertemu dengan klien. Nggak mau kan kulit terlihat seperti kilang minyak? Kalau tingkat kemalasan sedang menurun, bisa juga pakai foundation sebelum memakai bedak untuk lebih membantu mengontrol produksi minyak di wajah sekaligus menyamarkan dosa-dosa yang ada di wajah.

Yang perlu diperhatikan ketika memakai foundation atau bedak adalah pilih warna yang sesuai dengan warna kulit. Boleh memilih warna yang sedikit lebih cerah dari warna kulit asli, yang penting warna kulit antara wajah dengan leher nggak terlihat belang. Lehernya gelap, wajahnya cerah. Jangan malah jadi terlihat seperti memakai topeng ya.

3. Pensil alis? Why not!

Tidak semua orang dianugerahi alis yang lebat, ada juga yang memiliki alis yang tipis. Jika memang tidak terlalu percaya diri dengan alis yang tipis, nggak ada salahnya belajar memakai pensil alis. Memakai pensil alis tidak terlalu menyeramkan kok! Kunci utamanya adalah membiasakan diri, sabar, mau terus belajar, dan jangan lupa berdoa sebelum pakai pensil alis. Wah, masalah alis ini jadi tampak serius ya. Tentu saja serius! Alis yang paripurna dapat meningkatkan kecantikan sebanyak 1000%.

5 Tips Makeup Buat Meeting Sama Klien 2

Agar “alis buatan” tidak terlihat terlalu dibuat-buat, pilih warna pensil alis yang warnanya mendekati warna rambut. Kalau rambut berwarna hitam, bisa coba pensil alis dengan warna abu-abu atau cokelat tua. Selain itu juga pilih pensil alis yang memiliki tekstur yang agak keras sehingga warnanya tidak terlalu pekat. Semoga kita semua dihindarkan dari alis seperti alis Sinchan, Aamin 🤲

4. Blush on sebagai pemanis

5 Tips Makeup Buat Meeting Sama Klien 3
Photo by Jess @ Harper Sunday on Unsplash

Agar wajah terlihat lebih berseri-seri seperti habis gajian, bisa coba untuk memakai blush on. Pilih warna blush on yang sesuai dengan warna kulit. Jika ingin “warna aman”, bisa coba warna peach yang cocok dengan semua warna kulit. Aplikasikan blush on di area “apple cheek”. Jika takut pipi terlihat menjadi lebih chubby, cukup aplikasikan blush on di area tulang pipi.

5. Pakai lipstick yang berwarna segar

Hindari warna lipstick yang terlalu pucat, jangan sampai klien mengira kita sakit tipus. Pilih warna lipstick yang dapat membuat wajah terlihat lebih segar, seperti warna peach atau pink. Jika memang ingin “bermain aman”, bisa pilih lipstick yang sewarna dengan bibir.

5 Tips Makeup Buat Meeting Sama Klien 4

Demikian beberapa tips makeup untuk bertemu dengan klien. Sobat eCampuz jangan khawatir jika masih belum percaya diri untuk belajar makeup, ada banyak sekali beauty vlogger maupun beauty blogger Indonesia yang bisa dijadikan beauty guru untuk mengasah ketrampilan bermakeup. Nggak usah khawatir juga soal budget buat makeup, sekarang ini sudah banyak brand lokal bahkan dari home industri yang mempunyai kualitas nggak main-main. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaa 😊