Pada Jumat, 2 Oktober 2020, eCampuz kembali menyelenggarakan webinar series ketiga dengan judul “Memahami Potensi Diri Memasuki Dunia Kerja”. Pembicara kali ini merupakan seorang psikolog dari Prigel Konsultan, yaitu Bapak Saroyo Hanggoro, M.Psi. Sekitar seratus peserta mengikuti webinar melalui aplikasi Zoom Meeting dan diajak untuk memahami potensi diri, khususnya melalui kacamata psikologi. Acara webinar ini juga berlangsung secara live melalui kanal Youtube eCampuz Official.

 

Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

Pembicara mengawali materi dengan menggambarkan bahwa pengenalan diri sendiri merupakan hal yang penting. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, seseorang akan lebih mudah memetakan apa yang seharusnya dilakukan. Jika masih belum maksimal mengenali diri, Bapak Hanggoro menganjurkan agar terus berusaha dan mengembangkan apa yang sudah terlihat di dalam diri seseorang. Hal tersebut bisa melalui bantuan psikolog. Psikolog akan melihat profil dan membantu menunjukkan apa yang sebaiknya dilakukan.

Begitu sudah paham akan potensi diri, karier akan lebih mudah dicapai. Salah satu alasannya karena pekerjaan akan lebih mudah dinikmati sehingga tingkat stres akan lebih rendah. Sayangnya, dalam mengembangkan potensi diri, terkadang lingkungan tidak mendukung. Hal yang perlu dilakukan jika itu terjadi adalah mengabaikannya dan selalu teguh pada apa yang menjadi tujuan.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan di Dunia Kerja

Melalui struktur kepribadian, Pak Hanggoro menjelaskan bahwa peran seseorang akan berbeda saat berada di tempat yang berbeda atau berhadapan dengan orang yang berbeda. Kepiawaian dalam memilih peran akan membuat seseorang bisa bertahan di pekerjaannya. Selain faktor peran, faktor ilmu selama berkuliah juga penting. Tidak benar jika ada orang yang berkata bahwa teori tidak dibutuhkan di dunia kerja. Pada kenyataannya, hal tersebut sangat penting dalam membangun proses sebelum seseorang masuk ke dunia kerja.

Dunia kerja juga berkenaan dengan passion. Di sini, Pak Hanggoro menegaskan bahwa passion bukanlah sesuatu yang pasti. Passion seseorang bisa dibangun dan diasah. Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta merasa puas dan mendapatkan pengetahuan baru setelah mengikuti acara tersebut. Harapannya, webinar yang insightful ini dapat membantu peserta dalam menapaki perjalanan kariernya.

Simak video webinar ketiga: Memahami Potensi Diri Memasuki Dunia Kerja