Di era digital yang semakin maju, kebutuhan akan data digital menjadi suatu keharusan sekaligus penunjang dalam suatu instansi atau perusahaan. Pada Jumat, 18 Desember 2020, eCampuz telah menyelenggarakan webinar dengan judul “Profesi Kekinian sebagai Ilmuwan Data.”

Webinar ini mengundang Bapak Novan Hartadi sebagai pembicara. Bapak Novan merupakan CEO PT Global Inspirasi yang tentu saja sudah paham akan tema yang dipaparkan.

Sebagai upaya untuk menyiapkan generasi yang handal di era big data dan artificial intelligence, tentu perlu diadakan persiapan. Apalagi, kebutuhan akan data science selalu meningkat di setiap tahunnya. Data science atau ilmu data merupakan kombinasi ilmu sains dan ilmu sosial.

Ilmu tersebut akan memudahkan seseorang untuk menganalisis, mengolah, memanajemen, mengarsip, mendistribusikan, hingga mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami oleh orang lain.

Data science tersusun dari beberapa rumpun ilmu, diantaranya seperti ilmu statistik, ilmu komputer, matematika, manajemen, dan sistem informasi. Selain itu juga ada ilmu ekonomi dan bisnis.

Peran Data Science

Data science sangat dibutuhkan untuk menunjang beberapa pekerjaan, seperti data analysis, pemasaran, operasional, manajemen, computer science, system development, programming, software engineering, dan masih banyak lagi.

Saat ini, data science memegang peranan penting dalam dunia industri. Selain mempermudah proses pendataan, data science juga mampu menangani semua proses pendataan dengan cepat. Biasanya, big data science dalam industri digunakan pada web, media sosial, e-commerce, customer service, telekomunikasi, dan lain-lain.

Selain dibutuhkan dalam berbagai rumpun bidang industri, data science juga memegang gaji paling tinggi dari job title yang lainnya, termasuk data analyst, data architect, data engineer, data visualization engineer, data mining engineer, dan machine learning engineer.

Webinar dengan tema profesi kekinian sebagai ilmuan data ini menjadi rangkaian webinar series yang diadakan oleh eCampuz. Setelah mengikutinya, diharapkan pengetahuan peserta akan semakin bertambah.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang bertambah, peserta dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak, membangun portofolio, community project, sertifikasi dan juga upgrade level. Tentunya, hal tersebut akan meningkatkan produktivitas di dunia digital yang semakin mendominasi zaman.

Simak Videonya di : Profesi Kekinian sebagai Ilmuwan Data