Menjalani sebuah pekerjaan yang sekaligus menjadi hobi merupakan impian semua orang. Dalam webinar yang diselenggarakan oleh eCampuz, tema yang diusung pada kesempatan kali ini adalah mengenai prospek dan peluang kerja dalam bidang IT profesional.

Dengan mengundang seorang narasumber, yakni Monica Agustami Kristy yang berprofesi sebagai IT project manager di PT. Solusi Kampus Indonesia, beliau juga memberikan pembahasan mengenai time management dan tips untuk memperoleh beasiswa dalam melanjutkan jenjang pendidikan.

Latar Belakang Narasumber

Sebelum menekuni bidang pekerjaan sebagai seorang IT profesional, Ibu Monica mempunyai latar belakang pendidikan S-1 Teknik Elektro dan Teknologi Informasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan saat ini sedang menempuh pendidikan Magister Teknologi Informasi (beasiswa KEMKOMINFO).

Perjalanan karier yang ditempuh oleh Ibu Monica diawali sebagai seorang application support di PT. Gamatechno Indonesia selama lima tahun (2013-2018) dan melanjutkan profesinya di PT. Solusi Kampus Indonesia di tahun 2019.

Memasuki tahun 2020, Ibu Monica mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi sebagai IT project manager hingga saat ini. Selain itu, beliau juga menggeluti profesi sebagai seorang beauty and healthy style blogger.

Topik Utama Pembahasan

Pembahasan pertama dalam webinar ini adalah menyebutkan bidang-bidang pekerjaan di bidang IT, mulai dari developer, web developer, mobile apps developer, network engineer, database engineer, quality assurance, UX researcher, dan project manager.

Selanjutnya mengenai penjelasan mengenai profesi application support/application specialist beserta dengan job desk yang dikerjakan. Seorang application support mempunyai tanggung jawab dalam membuat dokumentasi aplikasi, application testing, application training, dan client assisting.

Tidak hanya itu, Ibu Monica juga menjelaskan mengenai profesi IT project manager. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab pada setiap IT project. Job desk yang dikerjakan salah satunya melakukan koordinasi antara klien dan tim, pembuatan timeline proyek, serta mengawasi proses berjalanya proyek.

Tidak hanya itu, seorang IT project manager juga mengelola dokumentasi proyek (misalnya saja seperti laporan pendahuluan, progress report, dan closing project). Tanpa adanya IT project manager, perusahaan dapat mengalami kerugian karena tim tidak dapat mengerjakan proyek dengan terarah.

Sebagai tambahan, Ibu Monica juga memberikan penjelasan dan tips mengenai time management yang sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, mulai dari pembuatan jadwal dalam satu minggu, memanfaatkan aplikasi task management seperti Google Keep dan Evernote.

Sebagai penutup, materi terakhir yang dibahas Ibu Monica adalah mengenai tips memperoleh beasiswa, salah satunya adalah dengan membuat daftar beasiswa dan mencari informasi sebanyak mungkin terkait bidang studi yang diminati.

Dengan mengetahui prospek pekerjaan di bidang IT, bagi mahasiswa yang sedang menempuh di jurusan ini diharapkan mampu mengarahkan dan meningkatkan potensinya sehingga siap saat memasuki dunia kerja nantinya. Nantikan terus update kegiatan webinar lainnya dari eCampuz!

Simak Videonya : Berkarir Sebagai IT Profesional, Blogger, dan Raih Beasiswa