eCampuz mengadakan webinar bertajuk Merintis Startup Beromzet Milyaran Sejak Jadi Mahasiswa dengan pembicara Kevin Elmy Aziz. Fokus utama dari kegiatan ini adalah mengenai hal-hal yang harus diketahui terkait memulai karier semasa kuliah.
Profil Singkat Pembicara

Kevin Elmy Aziz merupakan seorang freelancer (pekerja lepas) sejak tahun 2016 hingga saat ini dan sedang merintis perusahaan startup nya sejak akhir tahun 2019. Latar belakang pendidikan beliau adalah Teknik Informatika di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur.

Rangkuman Pembahasan Webinar
Kak Kevin memulai pembahasan dari betapa pentingnya untuk mempersiapkan diri dalam konteks karier di usia 20-an. Beliau menekankan bahwa di usia 20-an sangat tepat untuk memulai karier tanpa harus banyak berfikir dan menentukan visi seperti menentukan aksi, serius, dan pantang menyerah.
Melanjutkan pembahasan selanjutnya, untuk membangun perusahaan startup, Kak Kevin menekankan tiga hal utama, yakni belajar (membekali diri dengan skill), Portofolio (esensi penting untuk menjadi seorang freelancer), dan melakoni profesi sebagai freelancer (mulai applying job).

Menjadi freelancer juga ditekankan oleh Kak Kevin mempunyai banyak keuntungan, di antaranya adalah mampu mempelajari management waktu, membangun relasi, dan mengetahui banyak pengetahuan lainnya karena kemungkinan besar seorang freelancer melakukan banyak kesalahan.

Ada beberapa sesi ketika Kak Kevin memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menuliskan goal (tujuan) dalam jangka waktu dekat. Setelah itu, para peserta diminta untuk membuat list (catatan) mengenai kegiatan atau ritual untuk mencapai goal tersebut sehingga dapat terwujud nantinya.

Tidak hanya itu, terdapat hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang freelancer, seperti no blame (tidak menyalahkan pihak luar atas kegagalan yang dialami), no excuse (jangan banyak mencari alasan), no justify (jangan memaklumi kegagalan), dan deal done (selesaikan apapun yang telah disepakati).

Sebagai penutup kegiatan acara, terdapat sebuah kutipan “Mindset is what separates the best from the rest” yang mempunyai makna sebuah pola pikir terbaik dan hal tersebut dapat mempengaruhi acuan hidup eseorang untuk mencapai tujuan lebih baik.

Kegiatan webinar bersama eCampuz memberikan insight yang mendalam sekaligus bermanfaat terkait menjadi seorang freelancer dan ingin membangun sebuah perusahaan startup. Nantikan kegiatan selanjutnya dari eCampuz dan jangan sampai sobat ecampuz lewatkan kesempatannya!

Simak Videonya : Merintis Startup Beromzet Milyaran Sejak Jadi Mahasiswa