Pada hari Jumat, 25 Juni 2021, webinar series bertajuk ‘Berkarir dengan Membangun Bisnis Fashion dari Nol’. Pada web seminar kali ini, eCampuz mendatangkan Ibu Bety Ria Sersana, selaku pemilik Gerai Mazaya sebagai narasumber.

Web seminar eCampuz series 35 ini diselenggarakan mulai dari pukul 14.00 hingga 16.00 di kanal YouTube resmi eCampuz Official dan platform Zoom Video Conference.

 

Hal Penting dalam Bisnis

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakoni. Dalam berbisnis, Anda tetap membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan beberapa keahlian khusu. Untuk membangun bisnis fashion dari nol, Anda perlu melakukan beberapa hal ini:

  • Lakukan Riset

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset. Perhatikan selera pasar di tempat Anda akan berjualan. Sebaiknya, pilih jenis fashion yang sesuai dengan perkembangan zaman atau trend di daerah Anda untuk membuka peluang usaha yang lebih besar.

  • Buat Perencanaan

Sebelum merealisasikan ide bisnis, Anda perlu membuat perencanaan terlebih dahulu. Rencanakan dengan matang mulai dari pembentukan hingga pengembangan. Anda juga bisa mencari investor untuk mendukung bisnis Anda.

  • Rencanakan Keuangan

Setiap bisnis pasti memiliki budget tersendiri. Buat perencanaan keuangan, mulai dari biaya sewa, produksi, pemasaran, hingga gaji karyawan. Perlu diingat, usahakan untuk menyeimbangkan modal dan pendapatan. Selain itu, jangan memaksakan budget dengan berhutang dalam nominal yang besar.

  • Tentukan Struktur Bisnis

Bisnis yang Anda jalani dapat berupa kepemilikan korporasi, perseroan terbatas, kemitraan, atau kepemilikan perseorangan. Selain itu, pilih juga nama bisnis yang sesuai dan mekanisme kerjanya.

  • Daftarkan Brand Bisnis

Pada webinar kali ini, Ibu Bety juga memaparkan bahwa Anda perlu mendaftarkan brand. Pastikan nama usaha Anda sudah dipikirkan dengan baik dan potensial. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan meniru brand seseorang.

  • Konsistensi

Anda pasti sudah tahu bahwa membangun bisnis bukanlah hal yang mudah. Dalam berbisnis, Anda harus berkomitmen dan konsisten. Bila Anda gagal, jangan langsung menyerah. Sebaliknya, cari jalan keluar dan bangkit kembali.

Webinar yang berlangsung selama dua jam tersebut berjalan dengan lancar. Interaksi antara peserta dan narasumber juga berlangsung secara aktif dan menyenangkan. Informasi lebih lanjut mengenai web seminar ini bisa Anda lihat pada kanal YouTube eCampuz Official.