Pada hari Jumat, 2 Juli 2021, telah diadakan webinar series bertajuk ‘Berkarir di Dunia Start Up Digital Keuangan’. Diselenggarakan oleh eCampuz, narasumber kali ini adalah Bapak Dimas Fauzi Hidayat, selaku customer experience manager di Chatat.id.

 

Web seminar eCampuz series 36 ini diadakan mulai pukul 14.00 sampai 16.00 WIB lewat platform Zoom Video Conference. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikannya di kanal YouTube eCampuz Official.

 

Mengenal Chatat.id

 

Pada web seminar kali ini, Bapak Dimas banyak membagikan pengalamannya selama bekerja di startup digital keuangan, Chatat.id. Ketika memulai materi, beliau langsung memaparkan pengertian dari Chatat.id, yakni aplikasi yang didesain sedemikian rupa untuk membantu pengguna mencatat berbagai pemasukan dan pengeluaran.

 

Aplikasi buatan anak bangsa ini juga memiliki berbagai fitur yang akan membantu para pebisnis UMKM, seperti Akunting, POS (Point of Sales), Stock Management, hingga PSAK (Laporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi).

 

Struktur Organisasi Chatat.id

 

Dalam webinar series 36 ini, Bapak Dimas memaparkan bagaimana cara berkarir di dunia start up digital keuangan. Setidaknya, Anda harus memiliki struktur organisasi yang meliputi:

  • Product & Operational Division

 

Divisi ini terdiri dari product division yang bertugas untuk membuat desain produk dan melakukan tes terhadap produk tersebut. Selain itu, ada data division yang memuat berbagai data dan customer experience division yang bertugas dalam memuaskan pelanggan, melakukan demo, menyelesaikan masalah, dan membuat promosi menarik. 

  • Marketing & Sales Division

 

Bertugas untuk menjadi ujung tombak untuk mempromosikan Chatat.id kepada calon user. Divisi ini terdiri dari digital marketing yang bertugas untuk mendapatkan user baru, membuat iklan, mengatur sosial media, dan memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.

 

Selain itu, ada B2B dan B2Comm Channel yang turut meramaikan divisi ini. B2B akan mengatur hubungan Chatat.id dengan perusahaan (bisnis) lain. Sementara itu, B2Comm akan mengatur hubungan Chatat.id dengan masyarakat sekitar.

  • Tech Division

 

Dari divisi teknologi, ada dua komponen penting, yakni frontend developer dan backend developer. Seperti namanya, backend developer bekerja di belakang layar sebagai otak dari aplikasi. Sementara itu, frontend developer lah yang merealisasikan aplikasi hingga mendapat tampilan yang mumpuni.

  • Finance Division

 

Terakhir, ada divisi keuangan. Divisi ini mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

 

Webinar series 36 yang dibawakan oleh Bapak Dimas berlangsung menyenangkan dan interaktif. Para peserta sangat aktif dan mengikuti peraturan web seminar yang berlaku dengan baik. Agar tidak ketinggalan, Anda bisa menyimak penjelasan selengkapnya di kanal YouTube eCampuz Official.