Menutup bulan ke-9 di tahun 2021, Tim eCampuz mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi untuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Serulingmas Cilacap. Kampus Kesehatan kebanggaan Kabupaten Cilacap ini memilih eCampuz Cloud sebagai sistem informasi terintegrasi untuk membantu pengelolaan data akademik mereka. Agenda dilakukan selama 3 hari berturut mulai dari tanggal 27 hingga 30 September 2021 secara virtual melalui aplikasi video conference. Durasi pelatihan rencananya akan ditambah pada 4 oktober 2021, khusus untuk para mahasiswa.

Hari pertama, pelatihan dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Ibu Norif Didik Nur Imanah, S.Si.T., M.Keb. selaku Pjs. Ketua STIKES Serulingmas Cilacap. Agenda diawali dengan paparan mengenai aplikasi eAkademik kemudian dilanjutkan dengan diskusi kendala pengelolaan data akademik selama ini oleh operator Bagian Akademik dan juga para Kepala Program Studi. Secara keseluruhan agenda hari pertama berjalan lancar.

Pelatihan Penggunaan eCampuz Cloud di STIKES Serulingmas Cilacap 5

Pada hari kedua, pelatihan diisi dengan pembahasan dan diskusi dengan para dosen dari semua program studi serta dihadiri oleh operator Bagian Akademik serta Staff Program Studi. Agenda hari kedua dimulai lebih awal dari pukul 09.30 hingga 12.00. Pelatihan secara virtual sama sekali tidak menyurutkan semangat dan antusias para peserta. Bapak dan Ibu Dosen tampak sangat bersemangat untuk memulai menggunakan Sistem Informasi eCampuz Cloud sebagai sarana pendukung perkuliahan.

Hari ketiga pelatihan pada tanggal 30 september 2021 dihadiri oleh Bagian Keuangan, Bagian Pendaftaran dan Bagian Kemahasiswaan. Agenda hari ketiga berjalan lancar, dari bagian kemahasiswaan terlihat langsung memahami alur serta proses yang harus dilakukan begitu pula dengan Bagian Keuangan.

Tambahan agenda pada 4 Oktober 2021 berupa simulasi penggunaan aplikasi bagi mahasiswa juga telah dilaksanakan. Pada pelatihan kali ini, seluruh perwakilan mahasiswa dari berbagai tingkat dan program studi hadir. Agenda diawali dengan paparan mengenai penggunaan portal akademik mahasiswa pada website serta pembahasan mengenai penggunaan mCampus untuk para mahasiswa. Sesi dengan mahasiswa berlangsung cukup interaktif, mahasiswa tampak tidak menemukan kesulitan untuk mulai menggunakan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi.

Pelatihan Penggunaan eCampuz Cloud di STIKES Serulingmas Cilacap 6

Seluruh operator di STIKes Serulingmas berharap proses implementasi dapat berjalan lancar. Dengan adanya eCampuz Cloud dapat semakin membantu pengelolaan data akademik dan semakin mempermudah mahasiswa di kampus. Baca juga: Selidik Manfaat Merdeka Belajar Wujud Kampus Merdeka