Pada webinar rutin yang diadakan hari Jum’at tanggal 19 November 2021 lalu, eCampuz mengusung tema ‘Mudah Mengolah Data Mining Menggunakan Orange’. Dalam web seminar tersebut, eCampuz menghadirkan Ibu Arita Witanti S.T.,M.T sebagai pemateri.

Ibu Arita sendiri merupakan dosen Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan materi data mining secara lengkap. Mulai dari pengertian, proses, metode pendekatan, serta implementasi contoh kasusnya.   

Pengertian Data Mining

Data mining merupakan ilmu yang mempelajari cara mengekstrak suatu pengetahuan. Atau dalam kata lain disebut juga sebagai cara mendapatkan pola dari suatu data riil yang besar dan bermanfaat. Tujuannya yaitu untuk pengambilan kebijakan atau keputusan penting.

Hal ini mengikuti tahapan umum perolehan suatu kebijakan, yaitu berawal dari pengumpulan data. Kemudian mengambil informasi dari data yang ada. Lalu dari data diambil mana yang termasuk informasi penting dan tidak penting.

Informasi penting biasanya mengandung pengetahuan yang bermanfaat. Dari pengetahuan tersebut bisa dianalisis lebih mendalam menjadi suatu wawasan. Hingga akhirnya dari wawasan bisa membantu dalam pengambilan suatu kebijakan.

Proses dan Tahapan Data Mining

Proses data mining melewati beberapa tahapan yang saling melengkapi satu sama lain, yaitu:

  • Data source, yaitu pengambilan dari berbagai sumber. Misalnya dari paper, kumpulan file, dokumen website, penelitian ilmiah, serta sistem database.
  • Data preprocessing atau pemrosesan data. Di sini terdapat proses integrasi dan data warehouse.
  • Data exploration, yaitu proses eksplorasi data secara lebih ringkas, yaitu melalui rangkuman statistik, metadata, dan deskripsi.
  • Data mining, yaitu proses ekstraksi data menjadi suatu pengetahuan. Langkah ini ditunjukkan melalui proses discovery informasi dan pemodelan.
  • Data presentation atau presentasi kumpulan data mining yang telah dibuat melalui serangkaian teknik presentasi.
  • Decision making atau proses pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan penting yang berpengaruh untuk banyak orang.

Dalam proses data mining sendiri terdapat beberapa metode pendekatan yang biasa digunakan, yaitu: clustering (clustering), classification (klasifikasi), association (asosiasi), forecasting (prediksi/ peramalan), serta estimation (estimasi).

 

Di akhir webinar, moderator membuka sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta. Menariknya ada hadiah berupa voucher konsultasi potensi diri secara gratis yang bisa didapatkan peserta. Untuk menonton rekaman videonya secara lengkap, segera cek YouTube eCampuz Official.