ECAMPUZ.COM, Jayapura – Tim eCampuz berkesempatan kembali mengunjungi Bumi Cenderawasih yang berada di wilayah ujung timur Indonesia dalam rangka pelatihan dan pemantapan penggunaan aplikasi eCampuz di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 16 hingga 19 November 2022. Peserta pelatihan adalah perwakilan dari hampir seluruh bagiandan unit di kampus.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi yang bertujuan untuk pemantapan penggunaan aplikasi pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pengelolaan pembayaran biaya kuliah mahasiswa menggunakan BNI Virtual Account (BNI VA). ISBI Tanah Papua merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri seni budaya di wilayah Indonesia timur. Mahasiswa yang diterima di ISBI Tanah Papua terdiri dari mahasiswa hasil seleksi SBMPTN yang pendaftarannya dilaksanakan melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain itu, mahasiswa hasil seleksi mandiri melalui proses seleksi secara mandiri oleh kampus menggunakan aplikasi eAdmisi.

ecampuz-cloud-isbi-tanah-papua-penyerahan-cinderamata
Penerimaan cinderamata dari ISBI Tanah Papua

Agenda selanjutnya di hari pertama adalah pelatihan penggunaan aplikasi ePustaka. Staff dan pengelola perpustakan tampak bersemangat, karena pada akhirnya ISBI Tanah Papua dapat memulai proses peralihan menuju perpustakaan digital seperti yang selama ini sudah diinstruksikan oleh Rektor.

Hari kedua pelatihan turut dihadiri oleh Ibu Dr. Yulini Rinantanti, M.Ed. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di ISBI Tanah Papua. Materi yang dibahas mengenai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sesi diskusi berjalan dengan interaktif, mengingat kegiatan MBKM ini merupakan hal yang baru di ISBI Tanah Papua dan masuk sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama pada nomor 2 untuk Perguruan Tinggi Negeri. Setelahnya, pada sesi siang dilanjutkan dengan pelatihan untuk pengelolaan riset melalui aplikasi eRiset dan pengelolaan data kepegawaian melalui aplikasi eSDM.

Pelatihan Pemantapan Penggunaan eCampuz Cloud di ISBI Tanah Papua 1
Baca juga: Tingkatkan Kinerja Penelitian Secara Efektif dengan eRiset

Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan untuk pengelolaan riset penelitian dan pengabdian masyarakat ini, Unit LPPM menjadi lebih bersemangat dan percaya diri untuk mewujudkan tercapainya digitalisasi pengelolaan data penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Institut. “Pengelolaan data kepegawaian, monitoring daftar urutan kepangkatan (DUK) juga akan menjadi sesuatu yang tidak memusingkan lagi”, disampaikan oleh Ibu Agustina sebagai salah satu perwakilan dari Bagian Kepegawaian di ISBI Tanah Papua.

Hari terakhir kegiatan diisi dengan diskusi bebas mengenai evaluasi dari poin-poin pelatihan yang sudah dilakukan. Adanya pelatihan dan juga diskusi pendalaman penggunaan aplikasi menjadi satu hal yang menyegarkan tidak hanya untuk ISBI Tanah Papua, tetapi juga untuk Tim eCampuz. Banyak sekali insight yang didapatkan dari penyelenggaraan pendidikan khususnya pada rumpun keilmuan seni budaya di wilayah Indonesia timur. Terima kasih untuk seluruh civitas academica di ISBI Tanah Papua.