ECAMPUZ.COM – PT Solusi Kampus Indonesia (eCampuz) yang diwakili oleh Manajer Human Capital & General Affair, Yoga Asmara telah berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam acara ADITIF Talkshow & Buka Bersama dengan tema “Unlocking the Potential of Internships: Creating Win-Win Scenarios”. Acara ini diadakan pada Rabu, 29 Maret 2023, di Aruvana Office dan dihadiri oleh para praktisi bidang Human Resource (HR) dari perusahaan IT Jogja yang tergabung dalam ADITIF (Asosiasi Digital Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Dalam talkshow ini, eCampuz bergabung dengan dua perusahaan bidang IT lainnya, yaitu Gameloft dan Aruvana untuk membahas manfaat dan pengelolaan kegiatan internship di perusahaan. Kegiatan talkshow dibuka oleh Bapak Saga Iqranegara selaku ketua ADITIF, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah oleh Bapak Indra Haryadi, CEO Aruvana.

Pembahasan mengenai internship atau magang menjadi topik yang menarik dalam acara ini, karena kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam menguji kandidat potensial dan melatih mereka dalam lingkungan kerja. Selain itu, internship juga dapat menjadi bagian penting dari pengembangan talenta profesional, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang mereka pelajari di kampus.

Kegiatan talkshow ini memberikan insight tambahan bagi para peserta tentang pengelolaan kegiatan internship, sehingga nantinya para perusahaan anggota ADITIF dapat lebih siap dalam menerima kegiatan internship dari kampus, terutama internship dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang durasinya bisa mencapai 5 bulan ataupun lebih.

MBKM adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kebebasan belajar kepada mahasiswa dalam mengatur kurikulum dan kegiatan belajar mereka. Program ini juga memberikan dukungan bagi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan magang dan kuliah kerja nyata (KKN) di perusahaan atau instansi pemerintah.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini harapannya peserta dapat belajar dari pengalaman satu sama lain dan menambah wawasan mengenai pengelolaan internship dalam perusahaan. Selain itu, dapat mempererat dan membangun hubungan yang lebih baik antar anggota ADITIF.