Sistem Informasi BKD

Sistem Informasi BKD

eBKD adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola data data pengajuan, pelaporan, dan penilaian Beban Kinerja Dosen. Aplikasi ini sudah mencakup semua proses pengelolaan Beban Kinerja Dosen dan dilengkapi dengan laporan yang dapat di-generate dengan mudah, baik berformat HTML maupun worksheet.

Benefit Aplikasi

Sistem Informasi BKD 1

Sistem Informasi BKD 2

Memiliki fitur unggulan meliputi:

  1. Pengajuan dan pengelolaan BKD (Beban Kinerja Dosen) Berdasarkan ketentuan :
    • Pasal 72 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
    • Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2009,
    • PP RI Nomor 41 Tahun 2009 ttg Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor dan
    • Peraturan Mendiknas RI Nomor 47 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen.
  2. Pengelolaan Data Pribadi dan Riwayat melalui portalnya masing masing
  3. Verifikasi data dan penilaian secara mandiri oleh asesor.
  4. Difasilitasi cetak kontrak kerja dan laporan BKD.

Sistem Informasi BKD 3

Self Service

eBKD memiliki portal pegawai untuk mengetahui semua informasi yang berkaitan dengan dirinya secara mandiri (self-service), mulai dari berita-berita seputar kebijakan organisasi, serta melakukan pengajuan dan monitoring Beban Kinerjanya melalui portal masing-masing.

Sistem Informasi BKD 2

Pengelolaan Data Kepegawaian yang Lengkap

eBKD mencakup pengelolaan data pribadi, mutasi dan riwayat pegawai dengan dilengkapi fasilitas upload dokument, untuk mendukung pengelolaan Beban Kinerja Dosen.

Fitur Aplikasi

Sistem Informasi BKD 1

Sistem Informasi BKD

Portal

  • Modul Data Pribadi
  • Modul Riwayat Pendidikan & Bidang Ilmu
  • Modul Mutasi
  • Modul Pengelolaan BKD

Back Office

  • Modul Data Pribadi
  • Modul Mutasi
  • Modul Informasi, Agenda & Berita
  • Modul Riwayat
  • Modul Pengelolaan BKD
  • Modul Referensi

Tampilan Aplikasi

Sistem Informasi BKD 1

Portofolio Pelanggan

Sistem Informasi BKD 7

Aplikasi SI SDM mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap yang dapat mengakomodasi kebutuhan semua pemangku kepentingan mulai dari dosen, asesor dan bagian administrasi. Short learning curve dan user interface yang mudah dipahami, sehingga user dapat belajar dengan cepat dalam menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga memiliki fitur laporan yang lengkap yang dapat kami gunakan untuk menganalisa dan mengkaji kinerja dosen, sebagai bahan evaluasi dan masukan untuk pengembangan kualitas dan mutu di Universitas Sam Ratulangi. Kami merasa sangat terbantu dengan support service dari Gamatechno dalam melayani permintaan perbaikan maupun penambahan fitur-fitur yang kami perlukan. Staf yang ramah dan dapat berdiskusi dengan baik serta menguasai permasalahan secara menyeluruh, sehingga memberikan solusi yang terbaik yang dapat menjawab semua permasalahan dan dapat mengakomodasi semua kebutuhan baik dari sisi kami sebagai pengguna maupun dari sisi logika aplikasi.

 

Xaverius Najoan, ST. MT,
Kepala Pusat Data dan Dokumen Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sam Ratulangi

Universitas Andalas kembali meminta bantuan PT. Gamatechno Indonesia Yogyakarta untuk menambahkan menu BKD pada aplikasi SIMPEG yang telah dibeli beberapa tahun yang lalu. Penambahan menu ini memungkinkan dosen Unand untuk melakukan pengisian BKD/ LKD secara online. Dosen terbantu sehingga dapat melakukan pengisian BKD/ LKD di mana pun mereka berada, asal terhunung kepada internet. Pengelola Unand diuntungkan dengan pengisian BKD/ LKD secara online ini karena dapat mengumpulkan dan menyimpan bukti-bukti kinerja dosen secara digital. Kesulitan pengisian BKD/ LKD online ini tentu saja ada. Kesulitan yang paling terasa adalah ketika mensinkronkan data-data yang telah tersimpan di aplikasi SIMPEG. Kesulitan kedua adalah membiasakan dosen, terutama dosen senior, untuk menyimpan data-data kinerja secara digital. Beberapa dosen juga tidak terbiasa bekerja secara online adalah kendala lain. Semua kendala di atas alhamdulillah berhasil diatasi dengan baik, terutama karena pendampingan dari PT. Gamatechno Indonesia yang sangat baik. Setiap kesulitan yang ditemui secara cepat ditanggapi oleh Tim PT. Gamatechno, walaupun di luar jam kerja.

 

Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, M.T.
Dekan FTI Universitas Andalas

Nikmati Kemudahan Pengelolaan Kampus Dengan Sistem Informasi BKD Sekarang!