Rabu, 3 Juli 2019, eCampuz bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah 3 mengadakan kegiatan Sharing Session Strategi Sukses Perencanaan dan Implementasi TIK di Kampus Sesuai Regulasi Kemenristekdikti.

Bertempat di Meeting Room D Hotel Jakarta sebagai narasumber Dr. M. Samsuri. SPd., MT Sekretaris Lembaga LLDIKTI Wilayah 3, Nanang Ruswianto selaku Direktur PT. Solusi Kampus Indonesia (eCampuz), Muhammad Robiul Akhirin selaku Feeder Development Lead PT. Solusi Kampus Indonesia (eCampuz) dan Rosalia Erminia Nugrahani selaku Software As A Service Manager PT. Solusi Kampus Indonesia (eCampuz). Acara tersebut dihadiri Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jakarta.

Dalam acara tersebut Dr. M. Samsuri. SPd., MT memaparkan tentang pelaporan PDDIKTI dan bagaimana penggunaan selanjutnya dari pelaporan tersebut dalam kebijakan yang akan diterapkan di Kemenristekdikti. Data pelaporan PDDIKTI akan juga terintegrasi dengan sistem lainnya yaitu Sistem PIN (Penomoran Ijazah Nasional), Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL), dan Portal Sertifikasi Pendidik untuk Dosen, Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).

Di sesi selanjutnya Nanang Ruswianto mengupas tentang apa saja regulasi Kemeristekdikti yang perlu diperhatikan terkait Tata Kelola TI di lingkungan Kementerian Ristekdikti dan bagaimana langkah tepat untuk mengimplementasikannya di Perguruan Tinggi. Beberapa poin penting yaitu menyusun rencana strategis pengembangan TI 5 (lima) tahun, melaksanakan tata kelola keamanan TI, mengimplementasikan dan mengoperasikan sistem layanan TI. eCampuz juga berkomitmen untuk membantu perguruan tinggi dalam hal tersebut.

Dalam sesi terakhir Muhammad Rabiul Akhirin dan Rosalia Erminia membahas mengenai regulasi Feeder PDDIKTI terbaru dan bagaimana eFeeder menjawab tuntutan dari kebutuhan update yang terus bermunculan sebagai komitmen untuk terus mensupport pelaporan Feeder PDDIKTI perguruan tinggi. Dalam sesi ini juga dijelaskan tentang solusi eCampuz Cloud untuk membantu perguruan tinggi dalam mengelola proses akademik dalam perguruan tinggi mulai dari penerimaan mahasiswa baru, registrasi, pembayaran kuliah, krs online, perkuliahan, e-learning, kelulusan hingga pelaporan PD DIKTI. Dengan eCampuz Cloud perguruan tinggi dapat memiliki sistem informasi akademik terintegrasi yang hemat, mudah dan lengkap tanpa harus memiliki infrastruktur dan Tim IT.

Kegiatan Sharing Session dipenuhi dengan antusiasme tanya jawab peserta mengenai bagaimana layanan eCampuz baik untuk varian eCampuz Suite maupun Cloud. Waktu 3 jam rasanya tak cukup dan berlalu begitu cepat, bincang-bincang santai dilanjutkan kembali diluar acara inti. Beberapa pertanyaan yang telah terjawab dapat ditilik lebih lanjut di website : blog.ecampuz.com

Diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dan narasumber. Kami menghaturkan banyak terimakasih kepada semua yang terlibat atas terselenggaranya acara ini. Terimakasih kepada LLDIKTI 3, Tim Panitia dan tentunya peserta yang telah banyak berkontribusi dalam kegiatan menyenangkan ini, sampai jumpa di acara selanjutnya.