Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi SDM

Sistem informasi untuk mengelola data-data kepegawaian perguruan tinggi yang meliputi pendataan data pribadi (E-Personal), mutasi pegawai (E-Mutasi), riwayat pegawai (E-Riwayat), pengelolaan Sasaran Kinerja Pegawai (E-SKP), Pengelolaan Arsip pegawai (E-Filing), Pengelolaan Konten (E-Content) serta pengelolaan Beban Kinerja Dosen online (E-BKD). Sistem informasi ini sudah mencakup semua proses pengelolaan SDM dan dilengkapi dengan laporan yang dapat di-generate dengan mudah, baik berformat HTML, PDF maupun worksheet.

Benefit Aplikasi

Sistem Informasi SDM 1

Sistem Informasi SDM 2

Self Service

eSDM memiliki portal pegawai untuk melihat dan mengelola semua informasi yang berkaitan dengan dirinya secara mandiri (self-service), dimulai dari pengelolaan data pribadi dan data riwayat, melihat mutasi serta pengajuan SKP dan BKD Online secara mandiri. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas untuk melihat informasi dalam bentuk berita dan agenda.

Sistem Informasi SDM 3

Remunerasi

eSDM memiliki fitur untuk pengelolaan remunerasi pegawai/dosen yang lengkap dari setting grade pegawai, tukin, capaian kinerja unit kerja yang sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 31 Tahun 2016 Tentang Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sistem Informasi SDM 3

Data Kepegawaian Lengkap

eSDM mencakup pengelolaan data pribadi, mutasi dan riwayat pegawai dengan dilengkapi fasilitas upload dokument di setiap menu. Aplikasi juga meyediakan fasilitas untuk melakukan verifikasi terhadap menu riwayat data pribadi dan riwayat kepegawaian yang diinputkan melalui portal pegawai masing-masing, sehingga dokument bisa dinyatakan valid. Pengelolaan menu menu riwayat dan menu mutasi yang maksimal dapat mempermudah dalam pengelolaan menu SKP, BKD Online dan pembuatan Daftar Riwayat Hidup. Fitur Perhitungan SKP yang terdapat dalam aplikasi berdasarkan Peraturan Pemerintah RI NO 46 Tahun 2011 dan PERKA BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Sistem Informasi SDM 3

15 Fitur Unggulan

  1. Perhitungan Nilai Capaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) berdasarkan PERKA BKN Nomor 1 Tahun 2013 (Khusus Perguruan Tinggi Negeri)
  2. Pengajuan dan pengelolaan BKD (Beban Kinerja Dosen) Berdasarkan ketentuan :
    • Pasal 72 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ,
    • Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2009,
    • PP RI Nomor 41 Tahun 2009 ttg Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor
    • Peraturan Mendiknas RI Nomor 47 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen.
  3. Integrasi dengan Software Presensi (Smart Card atau Finger Print)
  4. Cetak Daftar Riwayat Hidup
  5. Pengelolaan Data Pribadi dan Riwayat melalui portalnya masing masing
  6. Pengajuan Cuti pegawai dan Persetujuannya dengan notifikasi email dan pop-up
  7. Pengajuan Lembur dan Persetujuannya dengan notifikasi email dan pop-up
  8. Verifikasi data Riwayat dan Data Pribadi
  9. One Stop Report meliputi Laporan Daftar Pegawai dan Rekapitulasi
  10. Notifikasi Prediksi Pegawai Pensiun, Pegawai Naik Pangkat, dan Kenaikan Gaji Berkala (KGB)
  11. Notifikasi SK dan pemberitahuan pengajuan di Portal
  12. Notifikasi ketika penambahan Data Pribadi dan Riwayat
  13. Back-end Search Engine untuk pencarian pada data pribadi, data transaksi dan data riwayat pegawai
  14. Pengelolaan Daftar Urut Kepegawaian (DUK) yang terhistori setiap tahunnya.
  15. Pengelolaan arsip file pegawai (tambah data, history peminjaman dan pengembalian data).

Fitur Aplikasi

Sistem Informasi SDM 1

Sistem Informasi SDM
Sistem Informasi SDM

Front Office

  • Modul Pengelolaan Data Pegawai
  • Modul Riwayat Kepegawaian (Tugas, Diklat, Pengabdian, dll)
  • Modul SKP Pegawai
  • Modul Pengelolaan BKD
  • Modul Permintaan Slip Jadi, Lembur, Cuti & Angka Kredit

 

Back Office

  • Modul Data Pribadi Kepegawaian
  • Modul Mutasi Kepegawaian
  • Modul Riwayat Kepegawaian
  • Modul Pengajuan Cuti & Lembur
  • Modul Pengelolaan Gaji Pegawai
  • Modul Referensi Kepegawaian
  • Modul Laporan Statistik dan Pertumbuhan Pegawai
  • Modul Informasi Agenda dan Berita
  • Modul Remunerasi

Tampilan Aplikasi

Sistem Informasi SDM 1

Portofolio Pelanggan

Sistem Informasi SDM 8

Universitas Andalas kembali meminta bantuan PT. Gamatechno Indonesia Yogyakarta untuk menambahkan menu BKD pada aplikasi SIMPEG yang telah dibeli beberapa tahun yang lalu. Penambahan menu ini memungkinkan dosen Unand untuk melakukan pengisian BKD/ LKD secara online. Dosen terbantu sehingga dapat melakukan pengisian BKD/ LKD di mana pun mereka berada, asal terhunung kepada internet. Pengelola Unand diuntungkan dengan pengisian BKD/ LKD secara online ini karena dapat mengumpulkan dan menyimpan bukti-bukti kinerja dosen secara digital. Kesulitan pengisian BKD/ LKD online ini tentu saja ada. Kesulitan yang paling terasa adalah ketika mensinkronkan data-data yang telah tersimpan di aplikasi SIMPEG. Kesulitan kedua adalah membiasakan dosen, terutama dosen senior, untuk menyimpan data-data kinerja secara digital. Beberapa dosen juga tidak terbiasa bekerja secara online adalah kendala lain. Semua kendala di atas alhamdulillah berhasil diatasi dengan baik, terutama karena pendampingan dari PT. Gamatechno Indonesia yang sangat baik. Setiap kesulitan yang ditemui secara cepat ditanggapi oleh Tim PT. Gamatechno, walaupun di luar jam kerja.

 

Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna,
M.T. Dekan FTI Universitas Andalas

Universitas Andalas sudah dua kali, yang pertama tahun lalu, menggunakan aplikasi BKD on-line. Beberapa kelemahan tahun lalu sudah bisa diatasi pada tahun ini. Kelebihan menggunakan aplikasi secara on-line adalah semua data langsung terkumpul di “satu tempat”. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya ketika masih menggunakan aplikasi terpisah, mengumpulkan data ini menjadi suatu kerepotan tersendiri. Tapi menggunakan aplikasi on-line memang membutuhkan persiapan yang baik. Semua data, seperti data dosen, data asesor, data ketua jurusan, dan lain-lain, harus tersedia secara baik. Tidak boleh ada data ganda, data yang tidak jelas identitasnya, statusnya, dan lain-lain, yang akan menyebabkan aplikasi tidak bisa “berjalan” dengan baik. Pengalaman Universitas Andalas yang datanya masih belum “bersih” sepenuhnya, memang timbul beberapa permasalahan ketika menggunakan aplikasi ini. Tapi, alhamdulillah, dengan pendampingan dari PT. Gamatekno, semua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan baik. Secara keseluruhan, menggunakan aplikasi BKD on-line ini akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan aplikasi terpisah.

 

Ir. Hendra Gunawan , M,T
Puskom Universitas Andalas

Nikmati Kemudahan Pengelolaan Kampus Dengan Sistem Informasi SDM Sekarang!