FAQ

suite-ecampuz-300x50FAQ

Berikut beberapa pertanyaan dari Sobat eCampuz yang sering kami jumpai. Daftar ini kami inventarisir dari berbagai sumber.

FAQ 1
  • Pada aplikasi SISTER DIKTI apa saja tugas dari Admin, Kepegawaian, PSD-PTSP PSD-PTU, Admin Fakultas, Developer, SISTER WS Consumer, Validator PDT?

    • Admin PT
      Bertugas untuk menverifikasi data pegawai yang sudah di validasi oleh admin fakultas
    • Admin Fakultas
      Bertugas untuk memvalidasi data yang diajukan oleh pegawai
    • Developer
      Salah satu user yang berguna untuk mengaktifkan atau membuat user WS Consumer
    • Sister WS Consumer
      Adalah user yang di gunakan untuk proses akses webservice
    • Validator PDT
      Bertugas memvalidasi data yang di ajukan tendik berupa Data pokok, pendidikan, kepangkatan, jabatanfungsional di tinggal perguruan tinggi masing-masing

  • Apakah aplikasi pengelolaan data Alumni sudah tersedia di eCampuz Cloud?

    Semua modul dalam eCampuz Suite saat ini berada dalam roadmap untuk masuk ke versi SaaS yang akan dilakukan secara bertahap. Setidaknya untuk tahun ini, kami sedang dalam proses untuk memasukkan beberapa modul yang ada di eCampuz Suite untuk bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan kami, termasuk eAlumni. Doakan misi kami ini berjalan lancar.

  • Bagaimana jika aplikasi tidak dapat diakses?

    Jika pelanggan berkesempatan tidak dapat mengakses aplikasinya, maka segera laporkan dan konsultasikan dengan tim support eCampuz melalui Whatsapp Group yang sudah disepakati. Tim support eCampuz akan langsung memberikan bantuan.

  • Apakah eCampuz bekerjasama dengan provider untuk bebas akses internet sehubungan dengan adanya kuliah online?

    Sehubungan dengan maraknya penerapan e-Learning dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kerjasama untuk mendapatkan paket khusus kuota internet adalah hak sepenuhnya dari kampus masing-masing yang langsung dijalin komunikasinya bersama dengan pihak provider (untuk diregisterkan). Pihak eCampuz cukup memberikan informasi akses IP Address (alamat akses server berupa IP Publik) yang akan diberikan kepada pihak provider.

  • Bagaimana tentang keamanan data kampus?

    Keamanan data milik pelanggan sangat menjadi concern kami. Keamanan sistem eCampuz diterapkan di area aplikasi (audit script, penggunaan framework terpercaya), server (monitoring intruder, pengaturan hak akses, deteksi dini adanya celah keamanan) dan jaringan yang dilalui (dengan menerapkan SSL).

  • Apakah aplikasi dapat diakses melalui smartphone?

    Saat ini eCampuz Cloud memang didesain untuk diakses melalui desktop atau Personal Computer (PC). Namun, jangan khawatir, karena ketika diakses melalui smartphone atau handphone (HP) juga tetap memungkinkan, meskipun secara kenyamanan ada beberapa tampilan yang tidak sepenuhnya nyaman. Saat ini baru aplikasi  eAkademik yang sudah responsif dan cukup nyaman diakses melalui smartphone. Kedepan, seluruh aplikasi  eCampuz akan terus dikembangkan secara tampilan agar responsif dan beradaptasi via mobile phones.

  • Bagaimana proses migrasi data dari sistem lama ke sistem baru eCampuz?

    Migrasi atau konversi data dari sistem lama ke database eCampuz dilakukan dengan standar khusus dan ketat. Hal ini untuk menjaga konsistensi data dan informasi yang disajikan untuk para stakeholder nantinya.
    Pertama data bersumber dari format laporan forlap dikti, untuk memastikan informasinya nanti juga sesuai dengan data forlap.

    Kedua, jika data bersumber dari non Forlap format, maka akan membutuhkan kesepakatan terkait dengan konsekuensi yang timbul (biaya, waktu dan unsynchronized data dengan Forlap).

    Ketiga, eCampuz tidak bertanggungjawab terhadap validitas data, kami hanya memindahkan data sesuai dengan peruntukannya. Script konversi dari kami dapat dipertanggungjawabkan (menjamin tidak ada manipulasi data). Sehingga pasca konversi atau migrasi data, masih perlu dilakukan validasi oleh pemilik data (dalam hal ini adalah perguruan tinggi, tentunya dengan melibatkan pengguna terkait, yaitu operator dan atau  para dosen).

  • Apakah Superadmin dapat mengakses semua aplikasi untuk memantau seluruh aktivitas pengguna?

    Superadmin untuk setiap aplikasi atau modul di dalam ekosistem eCampuz Cloud masih berada di dalam masing-masing aplikasi atau modul, sehingga tidak kemudian memiliki hak akses ke semua aplikasi yang ada di ekosistem eCampuz Cloud. Namun ke depan, eCampuz Cloud (Software as a Service) akan secara bertahap menerapkan akses yang lebih luas, dimana ketika model Single Sign On (SSO) dijalankan, maka pengertian Superadmin untuk semua modul dapat direalisasikan.

  • Kampus saya sudah menggunakan Microsoft 365 untuk kuliah online. Apakah dapat diintegrasikan dengan fitur Virtual Class eCampuz?

    Pada prinsipnya, eCampuz Cloud terbuka untuk integrasi. Khusus untuk modul e-Learning yang sering disebut sebagai Virtual Class (ada di eAkademikPortal), juga demikian. Integrasi dengan eksternal aplikasi, diperlukan pembahasan model dan kesepakatan data yang akan dipertukarkan. Secara teknis akan memanfaatkan service dengan model Application Protocol Interface (API). Untuk membangun integrasi dengan eksternal aplikasi, pelanggan akan dikenakan biaya khusus untuk integrasi (sesuai dengan besaran integrasi yang diperlukan), karena ini sifatnya customize.

  • Kenapa eSPMI belum ada di ekosistem eCampuz Cloud?

    Sistem Penjaminan Mutu Internal, eSPMI sedang kami upayakan untuk diujicobakan ke beberapa pelanggan terpilih di eCampuz Cloud. Hal ini dilakukan karena kebutuhan persyaratan implementasi yang cukup ketat. Kami harus memastikan bahwa perguruan tinggi telah memiliki Dokumen Kebijakan SPMI, Dokumen Manual SPMI, Dokumen Standar dalam SPMI (Standar DIKTI), serta Dokumen Formulir SPMI. Tidak seperti modul Academic Management System yang menjadi paket default. Kami harus memastikan empat dokumen di atas sudah tersedia agar eSPMI dapat benar-benar bermanfaat untuk pelanggan.

  • Jika kontrak selesai, lalu bagaimana nasib data kampus?

    Jika pelanggan eCampuz Cloud memutuskan untuk berhenti berlangganan. Maka, kami akan siapkan data master dan transaksi yang ada dalam format .xls atau .csv yang siap diolah lebih lanjut, tanpa saling berelasi.

  • Informasi waktu pada aplikasi SISTER DIKTI terlalu cepat

    Aplikasi SISTER sejatinya diinstall di masing-masing perguruan tinggi, sehingga jam server dapat diatur ke server masing-masing.

  • Masalah data 0% pada halaman utama aplikasi eFeeder

    Ketika sudah inputkan data mahasiswa, KRS, nilai, dan kelas perkuliahan, tetapi di halaman depan eFeeder data yang tampil tetap 0% hanya 1 program studi saja yang ada. Apa sebenarnya permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya?

    Silahkan melakukan pengecekan validasi feeder yang ada pada aplikasi PDDIKTI. Nanti akan diinformasikan data apa saja yang menurut DIKTI belum lengkap. Dan jangan lupa melakukan proses generate transkrip untuk semua mahasiswa per-angkatan.

  • Ketika pengajuan user Sapto , balasan BAN-PT seperti ini "Berdasarkan surat yang telah kami lihat, mohon bapak/ibu mendaftarkan perguruan tinggi ke Forlap DIKTI terlebih dahulu, untuk selanjutnya mengajukan akun Sapto"

    Kemungkinan besar ada kesalahan pada kode perguruan tinggi Sobat eCampuz bisa cek di https://pddikti.kemdikbud.go.id/

  • Bagaimana cara implementasi modul Advance eCampuz Cloud?

    Pada prinsipnya, modul Advance kami rekomendasikan pasca perguruan tinggi bapak/ibu sudah menjalankan modul Basic dengan baik dan pelaporan PDDIKTI juga sudah mencapai atau mendekati 100%. Berdasarkan pengalaman kami lebih dari 15 tahun, keinginan untuk implementasi sistem yang lebih advance memang selalu ada, tetapi sayangnya sering kami jumpai di lapangan kurang diimbangi dengan kesiapan operator, data, infrastruktur dan tim internal kampus yang akan dedicated dalam menghandle implementasi.

    Saran kami, bertahaplah dalam mengimplementasikan modul Advance eCampuz Cloud, jika memang Basic modul sudah dijalankan, saran kami lanjutkan ke Advance. Namun, jika masih belum sebaiknya pertimbangkan kembali untuk sedikit bersabar dan menunda demi suksesnya implementasi.

  • Dosen usia 62 tahun akan pindah homebase, apakah bisa diterima?

    Menurut UU 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, batas usia pensiun adalah 65 tahun, dan untuk guru besar 70 tahun diatur di UU No.12 Tahun 2012. Jadi, selama masih aktif bisa dilakukan proses pindah homebase.

  • Status mahasiswa mutasi maksudnya mahasiswa tersebut boleh pindah atau bagaimana?

    Mahasiswa mutasi artinya mahasiswa pindahan dari prodi lain (masih dalam satu kampus) atau mahasiswa pindahan yang berasal dari kampus lain.

  • Aturan konversi nilai SKS menurut DIKTI

    1. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
      Perpindahan Mahasiswa dapat dilakukan antar:
      a. Program Studi pada program Pendidikan yang sama;
      b. Jenis Pendidikan Tinggi; dan/atau
      c. Perguruan Tinggi.
    2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (“PP 4/2014”).
      Perguruan Tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

  • Syarat ubah data status dosen di SISTER DIKTI

    Apabila ketika hanya inputkan SK Dosen yang awalnya statusnya aktif menjadi non aktif dan Surat Pengantar Ketua, tetapi di keterangan balasan dari LLDIKTI hanya “Perbaiki”, maka untuk syarat pengajuan selalu bisa dibaca di keterangan yang berada di sebelah kiri, dan jangan lupa diperhatikan juga dokumen yang diunggah  harus benar dan sesuai dengan syarat.

  • WeCreativez WhatsApp Support
    Kami siap menjadi bagian transformasi layanan di kampus Anda. Chat ini akan terhubung langsung ke Whatsapp
    Apa yang bisa kami lakukan untuk membantu Anda?