ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 6 Desember 2023. PT Solusi Kampus Indonesia kembali merilis update fitur terbaru dari salah satu produk unggulannya, yaitu eAkademik. Sebuah sistem informasi akademik yang handal, mampu mengakomodir seluruh kebutuhan pengelolaan data akademik di perguruan tinggi. Mulai dari aspek aktifitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka, perkuliahan, ujian, tugas akhir, hingga kelulusan.

Sebagai langkah proaktif untuk meningkatkan keamanan dan keakuratan proses presensi perkuliahan, eCampuz meluncurkan pembaruan terbaru pada fitur presensi mandiri di Portal eAkademik yang dilengkapi dengan deteksi IP Address.

Produk andalan eCampuz, yaitu aplikasi eAkademik dan mobile apps mCampus, menjadi fokus utama implementasi teknologi ini. Fitur presensi mandiri, yang kini diperbaharui, menambahkan deteksi IP address untuk memastikan bahwa mahasiswa dan dosen yang menginput presensi perkuliahan berada dalam jaringan internet kampus.

fitur-eakademik
Tampilan perubahan yang ada di salah satu menu pada aplikasi eAkademik

Muhammad Rabiul Akhirin (Roby), Head of Products Development PT Solusi Kampus Indonesia, menjelaskan bahwa pembaruan ini merupakan bagian dari komitmen eCampuz untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. “Dengan deteksi IP address, kami berharap dapat mengurangi kecurangan dalam proses input presensi perkuliahan, menciptakan lingkungan akademik yang lebih jujur dan transparan,” ujarnya.

Baca juga: Presensi Kuliah dengan Mudah, Khusus untuk Mahasiswa Kampusmu!

Meskipun fitur ini baru diimplementasikan pada aplikasi eAkademik, Roby menegaskan bahwa pengembangan untuk mCampus sudah dalam proses dan dijadwalkan untuk dapat digunakan pada tahun 2024. Ini juga mencakup pembaruan fitur-fitur lainnya untuk meningkatkan fungsionalitas mCampus.

Pembaruan untuk membatasi input presensi pada jaringan internet kampus diharapkan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kecurangan. Selain itu, pelanggan AMS Cloud yang menggunakan layanan eCampuz Cloud secara bertahap dapat memanfaatkan fitur ini, memperkuat integrasi eCampuz sebagai bagian integral dari layanan pendidikan tinggi yang lebih baik.

eCampuz menegaskan komitmennya melalui pembaruan ini. Menjadi langkah strategis eCampuz dalam menciptakan ekosistem pendidikan tinggi yang inovatif, aman, dan responsif terhadap kebutuhan masa depan. To Win the Future of Indonesia.