ECAMPUZ.COM – Senin, 5 Februari 2024 Tim eCampuz melaksanakan pelatihan penggunaan eCampuz AMS Cloud (Academic Management System on Cloud) bagi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (UNU NTB) secara daring. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan rangkaian paparan manfaat dan penggunaan sistem informasi akademik (SIAKAD) kepada Tim IT di UNU NTB. Hari pertama, dipaparkan berbagai fungsi dari Aplikasi eAdmisi, eRegistrasi, dan ePembayaran oleh Tim eCampuz.

Setelah itu, para pengguna dipersilakan untuk secara langsung mencoba beberapa proses seperti persiapan pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru serta proses registrasi dan heregistrasi mahasiswa. Proses persiapan penerimaan mahasiswa baru meliputi persiapan data referensi, seting jalur masuk hingga seting manajemen kelompok ujian pada Aplikasi eRegistrasi. Selanjutnya, pada Aplikasi ePembayaran, Tim eCampuz memandu proses seting tarif pembayaran dan generate token pendaftaran. Peserta secara langsung melakukan simulasi tersebut dari awal hingga akhir.

Hari kedua, 6 Februari 2024 dimulai dengan paparan Aplikasi eAkademik dan eAlumni secara keseluruhan oleh Tim eCampuz. Sesi dijadwalkan antara jam 09.00 hingga 13.00 WIB. Peserta pelatihan dipandu dalam persiapan data referensi sebelum memulai semester baru seperti pembuatan kelas dan jadwal untuk Kartu Rencana Studi (KRS). Selain itu, disimulasikan pula proses-proses sebagai berikut:

Panduan Pemberian Nilai untuk Mahasiswa Peserta Program MBKM Pertukaran Pelajar

  • Proses pengambilan KRS oleh mahasiswa pada portal mahasiswa
  • Persetujuan KRS oleh dosen melalui Portal Dosen
  • Input presensi oleh dosen
  • Input nilai
  • Pembuatan KHS
  • Generate transkrip mahasiswa
  • Pendaftaran tugas akhir, dan
  • Yudisium hingga wisuda mahasiswa

Baca juga: Panduan Pemberian Nilai untuk Mahasiswa Peserta Program MBKM Pertukaran Pelajar

Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, diharapkan penggunaan SIAKAD eCampuz AMS Cloud oleh civitas academica UNU NTB menjadi lebih optimal, memudahkan proses perkuliahan, dan pengelolaan data administrasi.