ECAMPUZ.COM – Kamis, 21 Maret 2024, seluruh SKI Squad (karyawan internal PT Solusi Kampus Indonesia) mengikuti Sosialisasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan KC Yogyakarta. Acara sosialisasi tersebut mengundang narasumber utama Bapak Khoirur Rosidi, selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Layanan Peserta BPJS KC Yogyakarta.

Bapak Rosid (sapaan beliau) membuka paparan dengan penjelasan mengenai latar belakang landasan hukum yang menjadi dasar diselenggarakannya program jaminan kesehatan oleh pemerintah melalui sistem jaminan sosial nasional. Dalam kesempatan tersebut, ditekankan bahwa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berbeda dengan asuransi kesehatan. JKN merupakan jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta dapat memperoleh manfaat pemeliharaan dan perlindungan kesehatan dan memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah.

bpjs-kesehatan
Paparan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan KC Yogyakarta

Manfaat yang akan diterima oleh peserta JKN-KIS dan juga kewajiban yang harus dipenuhi, dipaparkan dengan jelas dalam acara tersebut. Besaran iuran berupa potongan sesuai presentase menjadi topik yang paling mendapatkan atensi lebih dari SKI Squad. Selain itu, dijelaskan juga mengenai kanal-kanal publik BPJS Kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat baik secara langsung maupun secara daring.

Melalui acara sosialisasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan KC Yogyakarta telah memberikan pemahaman yang cukup bagi karyawan PT Solusi Kampus Indonesia. Melalui paparan yang jelas dari Bapak Khoirur Rosidi, kami memahami perbedaan mendasar antara Jaminan Kesehatan Nasional dan asuransi kesehatan serta manfaat serta kewajiban yang terkait dengan program ini. Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini.