ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 24 Juni 2024. Memasuki pekan ketiga di bulan Juni, Tim eCampuz kembali menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi eCampuz Cloud untuk STIKES Maranatha Kupang. Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 19―21 Juni 2024 dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

eCampuz Cloud adalah layanan unggulan dari PT Solusi Kampus Indonesia yang menawarkan sistem informasi terintegrasi untuk manajemen perguruan tinggi. Melalui penggunaan eCampuz Cloud, institusi pendidikan dapat mengelola seluruh proses akademik mulai dari penerimaan mahasiswa baru, transaksi pembayaran uang kuliah, hingga kegiatan akademik dosen dan mahasiswa. Selain itu, layanan ini juga memudahkan proses pelaporan wajib ke PDDikti, memastikan administrasi berjalan lancar dan efisien.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sambutan dari Ketua STIKES Maranatha Kupang, Bapak Stefanus Mendes Kiik, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep., Kom. Setelah pembukaan, agenda dilanjutkan dengan materi penggunaan aplikasi eAdmisi, eRegistrasi, dan ePembayaran yang diikuti oleh operator PMB dan perwakilan Bagian Keuangan.

pelatihan-stikes-maranatha-1
Dokumentasi saat pembahasan proses penerimaan mahasiswa baru melalui aplikasi eAdmisi.

Hari kedua pelatihan fokus pada penggunaan aplikasi eAkademik, dengan materi penginputan data kurikulum, mata kuliah, dosen, dan data transaksi seperti kelas, KRS, dan nilai. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan yayasan, ketua, bagian akademik, dan operator prodi.

Pada hari ketiga membahas seputar penggunaan aplikasi Portal eAkademik dan eAlumni yang diikuti oleh Bagian Akademik, termasuk pengelola data alumni, dosen, dan perwakilan mahasiswa. Diskusi yang berlangsung menunjukkan antusiasme dan pemahaman yang baik dari para peserta.

Dengan terlaksananya pelatihan ini, diharapkan STIKES Maranatha Kupang dapat mengimplementasikan sistem pengelolaan data akademik yang lebih terstruktur dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi mahasiswa dan dosen. Tim eCampuz berkomitmen untuk terus mendampingi STIKES Maranatha Kupang dalam perjalanan menuju digitalisasi pendidikan yang lebih maju.

 

pelatihan