ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 19 Juli 2024. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan keakuratan pengelolaan data akademik, Akademi Kebidanan Konawe (AKBID Konawe) bekerja sama dengan Tim eCampuz menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi eCampuz Cloud selama tiga hari, 16―18 Juli 2024. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting ini diikuti dengan antusiasme tinggi oleh para peserta dari berbagai departemen di Akademi Kebidanan Konawe.

Efisiensi dan keakuratan pengelolaan data menjadi kunci untuk mencapai keunggulan operasional dalam dunia pendidikan tinggi. Akademi Kebidanan Konawe sebelumnya masih menghadapi tantangan berat dalam menggunakan sistem manual untuk memantau kehadiran, memasukkan nilai, dan mengumpulkan berbagai data administrasi lainnya. Proses manual ini tidak hanya rawan kesalahan, tetapi juga menghabiskan waktu dan sumber daya yang berharga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Akademi Kebidanan Konawe memilih eCampuz sebagai solusi untuk mempermudah dan mengintegrasikan seluruh proses pendataan.

pelatihan-akademi-kebidanan-konawe
Dokumentasi pada saat sesi pelatihan berlangsung.

Pelatihan penggunaan aplikasi eCampuz Cloud ini dibagi menjadi tiga hari dengan satu materi setiap harinya, untuk mematangkan pemahaman peserta tentang penggunaan aplikasi. Materi yang dibahas meliputi persiapan PMB, pembayaran biaya per semester, persiapan perkuliahan, hingga pencetakan Kartu Hasil Studi.

Hari pertama pelatihan dibuka dengan pembahasan mengenai persiapan PMB dan setting tarif tagihan pada mahasiswa aktif. Implementasi dilakukan secara langsung menggunakan data sampel agar pemahaman penggunaan aplikasi dapat tersampaikan dengan baik. Hari kedua, fokus pada pengelolaan data akademik. Implementasi eCampuz Cloud di AKBID Konawe diharapkan dapat membantu operator akademik dalam memproses layanan yang sebelumnya dilakukan manual menjadi lebih efisien dan terdata dengan rapih.

Hari terakhir pelatihan difokuskan penggunaan Portal eAkademik untuk dosen dan mahasiswa. Beberapa perwakilan mahasiswa dan dosen turut hadir. Dalam sesi tersebut, nampak beberapa mahasiswa mencoba langsung dan melihat histori pembayaran, pengajuan KRS, serta transparansi nilai yang diberikan. Dosen juga lebih mudah melakukan pendataan presensi dan input nilai massal.

pelatihan-akbid-konawe
Dokumentasi pada saat sesi pelatihan bersama perwakilan dosen dan mahasiswa AKBID Konawe.

Dengan terlaksananya pelatihan ini, Akademi Kebidanan Konawe berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi mahasiswa dan karyawan. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Akademi Kebidanan Konawe dalam menunjang proses pendataan kampus. Semoga kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak dan terus berkembang di masa depan.