Jumat, 30 Oktober 2020, kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Tim eCampuz kali ini mengundang narasumber Ibu Rosalia Erminia Nugrahani. Beliau adalah Deputy Manager Software as a Service PT. Solusi Kampus Indonesia. Webinar diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan Kanal Youtube dari jam 14.00 hingg16.00 WIB. Dalam webinar bertajuk “Berkarir di Dunia IT Tanpa Perlu Jago Coding”, Ibu Rosa memberikan gambaran jenjang karier yang dapat ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Pembahasan tersebut tentunya mampu mengarahkan skill apa yang harus dimiliki mahasiswa, ketika akan memasuki dunia kerja.

 

Pembahasan Umum

Para mahasiswa diberikan pertanyaan umum mengenai jurusan yang mereka dalami saat ini. Misalnya, seperti alasan utama para mahasiswa tertarik dengan Teknik Informatika, mata kuliah apa saja yang sekiranya sulit untuk dipelajari, hingga keaktifan selama menjalani dunia perkuliahan di kampus. Selain itu, Ibu Rosa juga menjelaskan mengenai prospek pekerjaan umum yang cocok dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Mulai dari berkecimpung di dunia IT (Information Technology), perbankan, hingga PNS (Pegawai Negeri Sipil).

 

Pembahasan Khusus

Memperdalam prospek pekerjaan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Ibu Rosa membaginya menjadi tiga jenis pekerjaan. Yaitu, menjadi seorang application specialist (AS), project manager (PM), dan manager. Mahasiswa yang tertarik mendalami bidang application specialist (AS) mempunyai empat job desk terkait dengan berfungsinya aplikasi di perusahaan. Yakni tester (uji coba), documentator (praktik aplikasi secara manual), trainer (pelatihan terhadap user), serta narahubung antara tim internal dan user client.

Selanjutnya ada bidang pekerjaan sebagai project manager (PM) yang berfokus pada empat aspek. Yaitu, analyze (analisis), evaluate (evaluasi), design (desain), dan development (pengembangan). Empat aspek tersebut saling berkesinambungan sehingga proyek yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar. Bidang pekerjaan yang tidak kalah kompleks adalah sebagai manager. Job desk utama yang harus dilakukan adalah mampu membuat perencanaan kerja di divisi perusahaan, mengolaborasi semua sumber daya setiap divisi, hingga membantu direksi terkait strategi pengembangan perusahaan.

 

Pembahasan Tambahan

Penekanan karakteristik yang harus dimiliki mahasiswa kedepan saat memasuki dunia kerja, khususnya dengan latar belakang pendidikan Teknik Informatika. Seperti mempunyai sikap mau belajar, time management, terbiasa dengan deadline, hingga mampu berinovasi dan kritis  terhadap perubahan. Ibu Rosa memberikan pertanyaan terkait pekerjaan seperti apa yang ingin dijalani oleh mahasiswa saat di dunia kerja, apakah bersifat managerial, teknis serta administratif. Hingga penutupan kegiatan webinar, Ibu Rosa membagikan dokumentasi dirinya saat bekerja dibidang IT dalam bentuk foto.

Kegiatan webinar ini memberikan benefit kepada para pesertanya berupa e-certificate, e-materi, dan voucher tes kepribadian bagi yang beruntung tanpa dipungut biaya sepeserpun (free). Menarik sekali, bukan? Jika Anda ingin selalu update mengenai kegiatan seminar lainnya, jangan lupa untuk follow media sosial eCampuz Official di Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, dan Linkedin untuk informasi lebih lanjut. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh eCampuz, ya!

Simak videonya: Berkarir di Dunia IT Tanpa Perlu Jago Coding