Pada hari Jumat, 11 Desember 2020, Tim eCampuz melaksanakan webinar bertema “Masih Kuliah Bikin Startup? Siapa Takut!”. Narasumber yang hadir adalah Bapak Muhammad Aditya Arief Nugraha, selaku Presiden Direktur PT. Gamatechno Indonesia sekaligus founder @belajar.startup. Webinar eCampuz seri ke-8 berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference dan kanal YouTube eCampuz Official.

 

Pembahasan Seminar

Diskusi seru antara pembicara dan para peserta fokus membahas beberapa hal seputar dunia startup. Pak Adit menjelaskan definisi startup yang ternyata tidak sama dengan UMKM. Startup merupakan bisnis yang ingin berkembang dengan memanfaatkan teknologi digital. Beberapa perusahaan startup global versi beliau adalah Facebook, YouTube, Amazon, Netflix, dan Airbnb. Tak mau kalah, ada pula perusahaan Gojek, Ruang Guru, Traveloka, Dana, Tokopedia, dan lain-lain yang menjadi startup Indonesia.

Berbeda dari bisnis lainnya, startup lahir di era digital yang penuh ketidakpastian dengan berbagai perubahan yang berjalan sangat cepat. Dalam membangun startup, pebisnis harus menemukan ide, membuat eksperimen, dan melakukan validasi berulang kali.

 

Cara Mendirikan Startup yang Benar

Webinar eCampuz seri kali ini, membahas tentang cara mendirikan startup yang benar. Dimana, startup sendiri didirikan oleh 3 orang co-founder dengan pembagian peran: teknis, bisnis, dan desain. Menurut Pak Adit, seorang co-founder harus memiliki 3 hal agar dapat dikatakan sukses. Ketiga hal tersebut adalah kemampuan, pengalaman, dan jaringan. Tak hanya itu, co-founder juga harus memiliki karakter startup dalam dirinya. Yaitu, empati, rasa penasaran, berpikir terbuka, kreatif, penuh semangat, suka menempatkan diri, berpikir solusi, mandiri, profesional, peka, dan mau terus belajar.

 

Segmentasi, Ukuran Market, Model Bisnis, dan Pendapatan

Pak Adit menjabarkan hal-hal penting terkait segmentasi dan ukuran market. Tidak lupa, beliau juga menyampaikan berbagai permasalahan yang mungkin ditemui para pebisnis startup beserta solusinya. Selanjutnya, disampaikan beberapa model bisnis dan pendapatan startup. Beberapa diantaranya adalah e-commerce, media, sosial media, marketplace, e-auction, dan lain sebagainya. Sementara itu, pendapatan bisnis startup dapat berasal dari biaya layanan, pembayaran transaksi, iklan, atau biaya pemasaran. Jika bisnis startup tidak memiliki pendapatan sejak awal, maka dalam perkembangannya startup butuh pendanaan dari investor.

 

Benefit Peserta

Selain mendapatkan informasi dasar seputar dunia startup, Pak Adit memberikan beberapa tips membangun startup selagi masih duduk di bangku kuliah. Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Selain ilmu yang sangat berharga, para peserta webinar eCampuz seri 8 juga mendapatkan e-sertifikat, e-materi, dan voucher tes kepribadian. Untuk penjelasan materi lebih lanjut, pembaca dapat beralih ke laman YouTube eCampuz Official.

Simak videonya: Masih Kuliah Bikin Startup? Siapa Takut!