Kampus merdeka, merdeka belajar! Salah satu program Kemendikbud ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Jumat, 25 Desember 2020, eCampuz telah melaksanakan webinar series ke-10.

Pada event webinar series ke-10 tersebut, tim eCampuz akan mengangkat tema “Kenali Diri Untuk Sambut Kampus Merdeka Merdeka Belajar.” Kali ini, Bapak Nanang Ruswianto dari PT Solusi Kampus Indonesia dipercaya untuk menjadi pembicara.

Apa itu Merdeka Belajar?

Kebijakan kampus merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud mencakup pada empat hal. Kebijakan itu meliputi pembukaan program studi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, hak belajar 3 semester di luar prodi, dan kebijakan semua PTN didorong menjadi PTN BH.

Kebijakan tersebut tentu tidak terjadi begitu saja. Menteri pendidikan dan kebudayaan percaya bahwa pendidikan tidak terbatas pada ruang kelas dan pada interaksi antara pendidik dan peserta didik saja. Peran orang tua dan interaksi dengan masyarakat juga penting dalam hal pendidikan.

Model Pembelajaran Kampus Merdeka

Dalam kampus merdeka belajar ada delapan model pembelajaran, yaitu pertukaran pelajar, kuliah kerja nyata tematik, magang atau praktik kerja, studi atau proyek independen, asisten mengajar di satuan pendidikan, kegiatan wirausaha, penelitian atau riset, dan proyek kemanusiaan.

Untuk menyambut kampus merdeka belajar, tentunya mahasiswa harus mengenali dan tahu akan tujuan dari 8 model pembelajaran tersebut. Hal itu akan mempersiapkannya saat terjun ke lapangan.

Tujuan Merdeka Belajar

Dengan mengikuti program Merdeka Belajar, mahasiswa diharapkan dapat membangun wawasan mengenai keragaman budaya melalui pertukaran pelajar. Yang kedua, lewat model magang atau praktik kerja, mahasiswa bisa melatih hard skill maupun soft skill melalui experiental learning.

Harapannya, enam model lainnya juga dapat memberikan dampak yang baik seperti memperdalam ilmu, mampu berpikir kritis, memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi, dapat mengurangi angka pengangguran, mampu mengembangkan produk yang inovatif, membantu percepatan pembangunan.

Delapan model pembelajaran yang ada pada kampus merdeka belajar tentunya bertujuan untuk mengembangkan serta menggali potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menonton acara webinar series ke-10 di Youtube eCampuz Official.

Simak Videonya di : Kenali Diri Untuk Sambut Kampus Merdeka Merdeka Belajar.