Jumat, 1 Januari 2021 – Event webinar seri 11 eCampuz dengan tema “Peluang Karir sebagai UI/UX Designer” telah terlaksana dengan narasumber Bapak Rendy Kharisma, A.Md, Senior UI/UX Designer PT. Gamatechno Indonesia.

Webinar ini berlangsung pada pukul 14.00-16.00 WIB melalui Zoom Video Conference dan Youtube eCampuz Official, dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta.

Pada webinar series 11 lalu, narasumber membahas hal menarik mengenai seluk beluk profesi desainer UI/UX hingga tips penting bagi yang berminat di bidang UI/UX.

Apa itu Desain UI/UX?

Desain UI/UX memiliki dua komponen yang berbeda, namun saling berkesinambungan, yakni desain UX (User Experience) dan UI (User Interface).

Desain UX adalah proses merancang suatu produk sesuai dengan kebutuhan user/pengguna. Untuk mencapai hal itu, seorang desainer UX mempunyai tugas untuk mendalami performa pengguna dan melakukan penelitian yang berhubungan dengan implementasi penggunaan aplikasi.

Selanjutnya, desain UI merupakan visualisasi dari riset UX ke dalam bentuk desain mockup/prototipe aplikasi. UI desain fokus pada bagaimana membuat tampilan interface yang menarik bagi pengguna. Proses desain yang dilakukan oleh seorang desainer UI/UX, antara lain:

  1. Riset UX
  2. Membangun konsep produk
  3. Membuat wireframe
  4. Melakukan testing
  5. Membuat visual desain
  6. Implementasi desain oleh programmer

Seberapa Penting Peran UI/UX?

Peran desainer UI/UX adalah untuk memastikan bahwa desain interface produk akan memberikan kenyamanan bagi user dalam menggunakan aplikasi atau produk tertentu. Perlu kerjasama yang baik antara desainer dengan programmer dalam mengembangkan desain menjadi suatu produk.

Desainer UI/UX berperan penting dalam proses pengembangan suatu produk. Tanpa mereka, tidak ada jaminan sebuah produk akan diterima dan membawa manfaat bagi user/pengguna.

Berapa Gaji Seorang Desainer UI/UX?

Semakin berkembangnya dunia digital, khususnya start-up membuat jenis pekerjaan ini semakin banyak dicari dan memiliki prospek tinggi. Adapun daftar rata – rata gaji yang diperoleh seorang desainer UI/UX berdasarkan tingkatannya adalah sebagai berikut:

  1. Newbie (Fresh Graduate) = 4,5 – 6 juta/bulan
  2. Intermediate (> 2 tahun pengalaman) = 6 – 10 juta/bulan
  3. Professional (> 6 tahun pengalaman) = 10 – 20 juta/bulan

Skill & Tips Penting Menjadi Desainer UI/UX

Untuk menjadi seorang desainer UI/UX yang kompeten, tentu perlu skill yang mendukung dan kemauan belajar yang tinggi. Beberapa tips yang diberikan Pak Rendy adalah sebagai berikut:

1. Pertajam User Empathy

Kunci utama yang diperlukan bagi seseorang untuk berkecimpung di dunia UI/UX adalah kemampuan untuk mengidentifikasi dan mencari solusi masalah user. Pertajam kepekaan kita terhadap orang lain untuk menggali informasi dari user demi kepentingan pengembangan produk.

2. Asah Kemampuan Wireframing dan Prototyping

Terus belajar untuk mengasah kemampuan penggunaan berbagai tools yang diperlukan dalam proses membuat wireframe dan prototype. Beberapa tools yang dapat digunakan adalah Balsamiq, Adobe XD, Figma, Sketch dan lain-lain.

3. Berani Bicara

Teruslah melatih kemampuan komunikasi dan public speaking. Pasalnya, seorang desainer UI/UX akan sering berhubungan dengan user/pengguna.

Di akhir sesi, Pak Rendy menutup acara webinar dengan meminta seluruh peserta webinar untuk selalu open minded dan jangan gengsi untuk berlatih, serta mau belajar dari siapapun.

Bagi yang belum berkesempatan mengikuti webinar series kali ini, teman-teman dapat melihat video rekaman webinar melalui channel youtube eCampuz Official. Jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi kami dengan cara subscribe dan follow IG kami.

Simak Videonya : Peluang Karir Sebagai UI/UX Designer