Pada hari Jumat, 15 Januari 2021, webinar eCampuz series 13 bertajuk ‘Bertani Sambil Coding dan Jadi Project Manager IT, Gimana tuh?’, sukses terlaksana. Pembicara pada webinar kali ini adalah Senior Project Manager eCampuz, yakni Bapak Waskito Zamani.

Webinar eCampuz series 13 ini berlangsung dari pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference dan kanal YouTube eCampuz Official. Diketahui, web seminar ini diikuti oleh 95 peserta. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai web seminar eCampuz series 13, simak penjelasan berikut ini.

Perkenalan Narasumber

Pak Waskito membuka web seminar kali ini dengan memperkenalkan dirinya selengkap mungkin. Bahkan, beliau membeberkan perjalanan karirnya. Berikut perjalanan panjang karir beliau hingga sukses:

  1. Tahun 2008, beliau mengikuti proyek kecil-kecilan dan menjadi asisten dosen lab
  2. Tahun 2010, beliau bergabung dengan PT Gamatechno sebagai web developer
  3. Tahun 2013, beliau naik pangkat menjadi lead developer dan mengembangkan 5 produk
  4. Tahun 2016, beliau memulai karir sebagai junior project manager
  5. Tahun 2018, beliau mulai dipercaya memegang proyek besar sebagai senior project manager
  6. Tahun 2019-sekarang, beliau bergabung bersama eCampuz sebagai produk owner dan project manager

Setelah mengungkapkan perjalanan karirnya yang cukup panjang, beliau menceritakan awal muda dirinya bertani. Tidak lupa, beliau juga menyebutkan alasan mengapa dirinya tertarik menekuni dunia pertanian.

Fokus Pembahasan

Pada kesempatan itu, fokus pembahasan yang ingin disampaikan beliau adalah apa yang harus dipelajari dan disiapkan untuk menjadi seorang project manager IT. Ternyata, hanya ada dua hal, yakni memiliki pengalaman organisasi dan mempunyai pengetahuan teknis yang memadai.

Selain itu, beliau juga menuturkan apa yang harus Anda siapkan untuk menjadi seorang programmer. Pertama, Anda harus mengetahui teknis dasar. Kemudian, Anda harus mau berkembang dan pandai mengukur kemampuan diri sendiri.

Apakah Bisa Kerja Sambilan?

Pada sesi akhir webinar series kali ini, Pak Waskito menyebut bahwa di usia produktif, setiap orang dapat melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Apalagi, saat ini, berbagai kantor sudah menerapkan sistem kerja yang lebih fleksibel.

Sebenarnya, Anda boleh saja bekerja sambilan. Akan tetapi, sebaiknya hindari beberapa hal dibawah ini:

  1. Bekerja di tempat kompetitor
  2. Mengambil jam kantor atau waktu produktif Anda
  3. Kerja sambilan kepada client di tempat Anda bekerja
  4. Melakukan pekerjaan sambilan yang sama beratnya dengan pekerjaan utama
  5. Menggunakan fasilitas kantor untuk bekerja sambilan

Diskusi seru antara Pak Waskito dan peserta selama 2 jam juga dipenuhi dengan tanya-jawab. Tidak hanya menambah pengetahuan, para peserta web seminar juga akan mendapatkan e-materi, e-sertifikat, dan voucher tes kepribadian bagi yang beruntung.

Bagi Sobat eCampuz yang tidak sempat ikut atau kehabisan kuota peserta webinar series 13, Anda dapat menyaksikan siaran ulang di kanal YouTube eCampuz Official. Untuk informasi terkait web seminar selanjutnya, Anda dapat memantau akun Instagram @ecampuzofficial.

Simak Videonya : Bertani Sambil Coding dan Jadi Project Manager IT, Gimana tuh?