Kemampuan public speaking memang sangat dibutuhkan dalam menunjang karier seseorang, sehingga dibutuhkan latihan untuk mampu mempresentasikan sesuatu dengan baik. Maka dari itu, webinar yang diadakan oleh eCampuz dengan PKM bertajuk “Public Speaking, Skill Penting Dalam Karier”.

Kegiatan yang diisi oleh oleh Dahri Iswanto ini membahas secara lebih mendalam mengenai betapa pentingnya kemampuan public speaking, penekanan aspek-aspek penunjang yang perlu diperhatikan, dan memberikan gambaran bahwa siapa saja dapat melakukan public speaking yang baik.

Latar Belakang Narasumber

Dahri Iswanto merupakan seorang hipnoterapis di Prima Kurnia Mandiri (PKM) yang mempunyai pengalaman dalam ranah public speaking sejak tahun 1996. Mengawali kariernya sebagai penyiar radio, Bapak Dahri melebarkan sayapnya ke berbagai macam bidang pekerjaan, salah satunya adalah trainer.

Tidak hanya itu, pria kelahiran Kebumen tahun 1980 ini juga menggeluti bidang pekerjaan sebagai social media manager, voice over talent, content conceptor, content creator, broadcaster, dan MC profesional. 

Topik Pembahasan Webinar 

Sebagai permulaan, Bapak Dahri membahas tentang apa itu public speaking dan terdapat beberapa esensi dasar yang harus dipenuhi oleh seorang public speaker, yakni informing (memberikan informasi), persuading (mempengaruhi), entertaining (menghibur), content (topik) dan konteks (cara penyampaian). 

Jika dihitung dalam persentase, 55% hal yang paling mempengaruhi adalah body language (pergerakan, ekspresi wajah, kontak mata, gerakan dan isyarat), 38% tone of voice (intonasi suara, kecepatan berbicara, volume, pelafalan), dan 7% adalah words (kata-kata yang diucapkan).

Selain itu, Bapak Dahri juga menjelaskan mengenai proses berlatih public speaking dengan mengandalkan 10.000 hours to master your craft. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten selama 5 ½ tahun (seseorang dapat berlatih 8 jam/hari selama 5 kali dalam seminggu).

Sebagai penutupan, Bapak Dahri menyatakan bahwa “If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change life” dalam artian, ketika seseorang mampu berbicara dengan baik, maka orang tersebut dapat memberi pengaruh, dan pengaruh tersebut dapat mengubah sebuah kehidupan.

Pembahasan webinar tentang public speaking yang mendatangkan narasumber Dahri Iswanto semakin meningkatkan kesadaran bahwa kemampuan ini memang wajib dilatih secara terus menerus. Nantikan webinar series selanjutnya dari eCampuz dan update terus informasinya melalui media sosial @ecampuzofficial!

Simak Videonya : Public Speaking, Skill Penting Dalam Berkarir