Sosialisasi ePakdos LLDIKTI Wilayah V digelar pada Selasa (4/5) dan Kamis (6/5) di Ruang Sidang LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta. Tim eCampuz mengirimkan Waskito Zamani, Dian Utari, dan Alvista Riviera sebagai perwakilan untuk kegiatan ini. Kegiatan Sosialisasi aplikasi ePAKDOS dilaksanakan sebagai rangkaian puncak pengadaan aplikasi ePAKDOS. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah V, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt., kemudian dilanjutkan pemaparan landasan dan tata cara pengajuan PAK oleh Pak Rachman dan demo aplikasi oleh Tim eCampuz diwakili oleh Waskito Zamani.

Pengembangan aplikasi PAK Online diadakan sebagai upaya untuk melakukan perbaikan dan percepatan layanan pengajuan Penilaian Angka Kredit (PAK) di LLDIKTI Wilayah V. Kondisi kampus yang bervariasi menjadi tantangan sendiri dalam melakukan pengembangan aplikasi karena memiliki proses bisnis pengelolaan yang berbeda-beda, seperti ada kampus yang sudah memiliki tim penilai internal, ada pula kampus yang belum memiliki tim penilai internal. Kondisi ini membuat LLDIKTI Wilayah V tergerak menggunakan sistem untuk menyetarakan variasi tersebut, agar siapa pun dapat menangani pengelolaan PAK dan mekanismenya akan berjalan dengan baik, tanpa kesenjangan.

Aplikasi ePAKDOS berbasis pada data digital, time frame, dan penilaian yang lebih objektif dan transparan. Aplikasi ini diharapkan dapat mengubah kebiasaan mengumpulkan berkas dalam bentuk fisik menjadi file-file yang terdokumentasi dalam aplikasi. Aplikasi ePAKDOS juga memotong proses untuk memahami pengelolaan angka kredit (PO PAK), karena nilai maksimal akan keluar melalui kegiatan yang dipilih melalui aplikasi. ePAKDOS juga dapat digunakan dosen untuk langsung mengunggah kegiatan dan memonitoring pengajuan yang telah diusulkan, agar dapat diketahui berapa lama proses yang dilakukan oleh admin kampus maupun LLDIKTI, sehingga dapat mengetahui usulan dosen yang sudah sekian lama tetapi belum selesai.

Sosialisasi ini bertujuan agar pimpinan kampus, admin kampus, dan dosen dapat mengetahui bagaimana proses pengelolaan PAK menggunakan aplikasi ePAKDOS. Besar harapan ePAKDOS dapat menjadi langkah strategis untuk membantu dosen-dosen dalam meningkatkan karir, serta dapat melayani dengan lebih baik.

Baca juga: Sistem Informasi Kepegawaian: 7 Tahun Pengalaman Implementasi