Jumat, 9 April 2021 – Webinar dengan tajuk ‘Mengenal Passion dan Ambition dalam Berkarier’ yang dibawakan oleh pemateri, Yulindyah Widyastika, S.Psi., M.Psi. selaku Psikolog dan Co-Founder PRIGEL Consulting & Psychology Service telah terlaksana dengan lancar oleh Tim eCampuz.

Acara tersebut ini dihadiri oleh sekitar 95 peserta dan berlangsung selama 2 jam tepatnya pada pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference serta ditayangkan dalam channel Youtube eCampuz Official.

Pengertian Passion dan Ambisi

 

Materi yang dibahas dalam webinar sesi ini ialah mengenal lebih jauh tentang passion, ambisi, serta hubungan keduanya. Beberapa orang menganggap bahwa passion dan ambisi adalah dua hal yang sama dan saling berhubungan, padahal sebenarnya tidak.

Passion memiliki beberapa pengertian menurut berbagai ahli. Berdasarkan pendapat Covel (2004), passion merupakan keinginan membara, keyakinan kuat, serta dorongan yang menyebabkan seseorang disiplin untuk meraih visinya.

Sedangkan pengertian passion menurut Valleran & Houlford (2003) adalah kecenderungan seseorang yang kuat terhadap kegiatan yang disukainya, mereka akan rela melimpahkan tenaga dan waktunya untuk melakukan aktivitas tersebut.

Selanjutnya, ambisi menurut pengertian dari Tatenhove (1984) merupakan energi yang ditunjukkan dalam tindakan aktif menuju suatu aspirasi dan tujuan. 

Faktor Munculnya Passion dan Ambisi

Kebanyakan orang sering mencampurkan arti passion dan ambisi. Ambisi biasanya bertindak sebagai impian besar yang mudah goyah dan muncul karena perasaan tidak ingin kalah atau lahir dari jiwa kompetitif seseorang yang tinggi, sementara passion berangkat dari sebuah kesukaan atau kecintaan.

Jadi, faktor munculnya passion seseorang datang dari dalam diri individu itu sendiri sedangkan ambisi disebabkan oleh faktor ekstrinsik. Kedua hal ini perlu hadir secara seimbang agar tujuan dan impian seseorang dapat tercapai secara seimbang.

Hubungan Antara Passion dan Ambisi

Manusia yang tidak mempunyai passion maupun ambisi, maka akan diliputi oleh perasaan kecewa dan hopeless. Namun, jika seseorang memiliki ambisi dan passion yang sama-sama tinggi, maka seseorang tersebut akan mendapatkan karier impian dalam hidupnya.

Jika passion seseorang lebih tinggi dari ambisinya, maka yang mereka dapatkan hanyalah mimpi semata. Sebaliknya, apabila passion lebih rendah dari ambisi, maka orang itu akan merasa seperti kerja rodi.

Pembahasan pada diskusi tersebut sangat menarik karena akan banyak menjelaskan hal-hal yang belum banyak orang ketahui. Untuk ulasan lengkapnya dapat Anda lihat melalui Youtube kami di eCampuz Official dan pantau terus Instagram @ecampuzofficial untuk info webinar selanjutnya.