Jumat, 23 April 2021 – Webinar dengan tajuk ‘Berbisnis Kuliner Sejak Kuliah ala Mahasiswa Teknik’ yang dibawakan oleh pemateri, Ageng Sajiwo, CEO dan Co-founder Restoku.id (PT Restoku Andalan Indonesia), telah terlaksana dengan lancar oleh Tim eCampuz.

Acara tersebut ini dihadiri oleh sekitar 95 peserta dan berlangsung selama 2 jam tepatnya pada pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference serta ditayangkan dalam channel Youtube eCampus Official. Materi yang dibahas adalah seputar kiat-kiat khusus dalam berbisnis kuliner.

Persiapan Berbisnis 

Dalam webinar seri ini, pemateri menyampaikan hal yang perlu dipersiapkan saat akan memulai suatu bisnis antara lain:

  • Ketahui dan Pahami Jenis Bisnis Anda

Memahami jenis bisnis yang akan Anda tekuni akan membantu proses pemecahan masalah dan upaya pengembangan usaha dengan lebih terfokus.

  • Cari Tahu Masalah dan Potensi Bisnis

Melakukan survey sederhana baik secara online maupun offline. Selanjutnya, perhatikan potensi bisnisnya, bukan trendnya. Melalui potensi, akan timbul inovasi.

  • Tentukan Target Pasar

Pastikan produk yang dijual memiliki pasar yang besar demi keberlanjutan usaha Anda.

  • Tentukan Lokasi atau Channel

Menentukan lokasi usaha yang dekat dengan posisi pasar. Tentukan pula jalur media yang tepat agar informasi usaha dan produk mendapat perhatian oleh pasar.

  • Tetapkan Model Bisnis

Tentukan bagaimana usaha Anda dapat menghasilkan keuntungan. Model bisnis yang perlu ditetapkan yakni retail, lisensi kemitraan, add on, suplai bahan baku, markup pricing, product placement, sampai event.

  • Buka Usaha Anda

Setelah segala persiapan selesai, bisnis Anda dapat segera dibuka.

Ketahui Hal ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner

Membuka bisnis di era saat ini sudah sangat dibantu oleh banyaknya peluang digital. Maka tak heran jika banyak anak muda di Indonesia mulai gencar menekuni berbagai usaha termasuk kuliner dengan omset yang menggiurkan. Adapun hal yang perlu Anda tahu sebelum memulai bisnis kuliner yakni:

  1. Membuka usaha kuliner kini semakin mudah
  2. Market dan segmennya beraneka ragam
  3. Semua orang bisa masak
  4. Referensi resep makanan semakin melimpah dan beragam
  5. Biaya sewa tempat semakin mahal
  6. Tanggung jawab pajak
  7. Adanya perang harga

 

Diskusi tersebut berjalan dengan seru dan interaktif karena pembahasannya yang menarik. Untuk pembahasan seri 27 selengkapnya dapat Anda saksikan melalui Youtube kami di eCampuz Official, dan tetap pantau terus Instagram @ecampuzofficial untuk informasi webinar selanjutnya.