Pada 30 April 2021 lalu, eCampuz sukses mengadakan webinar series ke 28. Dengan menghadirkan narasumber, Bapak Muhammad Yusuf, S.T., M.MT., Ph.D. seorang penerima beasiswa DIKTI yang juga menjadi alumni dari PhD School of Computing, University of Portsmouth UK.

Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Webinar ini berlangsung via Zoom Video Conference dan siaran langsung di kanal YouTube eCampuz Official. Berlangsung selama 2 jam, Pada kesempatan tersebut narasumber menyampaikan materi mengenai “Tips Berkarir dan Meraih Beasiswa DIKTI di Luar Negeri”.

Hal-hal yang disampaikan pada sesi awal berupa pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. 3 poin utama yang dibahas terdiri dari: penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menjadi tenaga pendidik merupakan salah satu cara untuk menerapkan poin pertama. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan pada topik pengembangan kegiatan penelitian. Materi yang dibahas pada topik ini berupa beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pendanaan penelitian.

Selanjutnya, bahasan mengenai poin ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Narasumber menyampaikan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan pengabdian. Pengajuan pendanaan kegiatan dan pelatihan untuk masyarakat menjadi contoh tahapan yang dapat dilakukan.

 

Pengembangan Karir

Narasumber menyampaikan, peningkatan kualitas diri perlu dilakukan karena ilmu dan zaman akan terus berkembang. Hal ini dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau dengan mengikuti training.

Selain dengan meningkatkan kualitas diri, mencari dan mendapatkan dana hibah riset juga penting untuk dilakukan. Karir dan pengalaman akan berkembang jika kita bisa membangun jejaring akademisi dan profesional melalui berbagai komunitas dan organisasi akademik dan profesional.

Mengurus kenaikan jabatan fungsional di lingkungan kerja menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai seorang akademisi. Narasumber menambahkan, bahwa hal terpenting yang bisa dilakukan adalah bisa menjalankan pekerjaan dengan happy, positive mindset, dan sungguh-sungguh. 

Dalam webinar ini narasumber menjelaskan beberapa keuntungan yang didapat jika kita memilih studi di luar negeri. Beberapa persyaratan untuk menempuhnya pun dijabarkan. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris.