Pada hari Jumat, 28 Mei 2021, webinar series bertajuk ‘Mengenal Amunisi untuk Berkarir Sebagai Data Scientist’ yang diadakan eCampuz, berhasil terlaksana. Web seminar eCampuz kali ini mendatangkan narasumber Krisostomus Nova Rahmanto, selaku co-founder sekaligus CEO Sadasa Academy.

Web seminar eCampuz series 31 ini diselenggarakan di kanal YouTube eCampuz Official dan Zoom Video Conference mulai pukul 14.00 sampai 16.00. 

Mengenal Data Scientist

Pengertian data scientist dapat dibagi menjadi dua berdasarkan sudut pandangnya, baik subjek maupun objek. Dilihat secara objektif, data scientist merupakan suatu pekerjaan analitik yang membutuhkan sejumlah keterampilan dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

Sementara itu, data scientist secara subjektif dapat didefinisikan sebagai seorang ilmuan data yang sangat ahli dalam bidang statistik dan rekayasa perangkat lunak. Seorang data scientist yang baik adalah mereka yang hebat dalam matematika, coding, dan berbisnis.

Sebagai seorang data scientist, Anda perlu mengetahui piramida DIKW, yakni:

  1. Data, merupakan elemen abstrak yang menjadi awal dari suatu statistik
  2. Information, merupakan data yang sudah diberi deskripsi 5W + 1H
  3. Knowledge, merupakan kumpulan informasi yang sudah terorganisir
  4. Wisdom, merupakan kemampuan seseorang dalam menerapkan pengetahuan

 

Fundamental Data Scientist 

Dalam dunia data scientist, ada beberapa fundamental yang harus Anda ketahui, yakni programming, project framework, dan talent. Programming merupakan sebuah proses menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara beberapa kode dalam membuat suatu program komputer. Kode-kode ini jumlahnya sangat banyak dan ditulis dalam bahasa pemrograman.

Sementara itu, project framework merupakan kegiatan memahami dan melaksanakan proyek secara terstruktur. Fundamental ini dimulai dari menemukan masalah, memahami data, mengadaptasi fitur, melakukan analisa, menyebarkan kode, dan menampilkan hasil.

Terakhir, ada talent yang merupakan kemampuan seorang individu maupun kelompok dalam statistik dan rekayasa perangkat lunak. Dalam bidang ini, tingkatan dimulai dari yang terendah adalah trainee data scientist, junior data scientist, data scientist, senior data scientist, dan head of data scientist.

Webinar ditutup dengan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Selain ilmu yang bermanfaat, peserta web seminar yang beruntung kali ini akan mendapatkan Samsung M Series. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan ini bisa Anda lihat pada kanal YouTube eCampuz Official.