Pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, webinar series eCampuz bertajuk ‘Resep Rahasia Menjadi Project Manager IT’ kembali diadakan. Kali ini, eCampuz mengundang eCampuz narasumber Ibu Dian Utari, selaku Application Specialist dan Project Manager eCampuz.

 

Seperti biasa, web seminar eCampuz series 43 ini juga diadakan secara online lewat Zoom Video Conference dari jam 14.00 sampai 16.00 WIB. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikannya di akun YouTube eCampuz Official.

 

Apa Itu Project Manager?

 

Project manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan atau mengelola proyek tertentu. Tanggung jawab dimulai saat awal pelaksanaan sampai proyek dinyatakan selesai.

 

Dalam mengelola suatu proyek, ada tiga aspek penting yang saling terikat satu sama lain dan perlu dikelola dengan tepat, yakni waktu, biaya, dan cakupan.

 

Bagaimana Siklus Manajemen Proyek?

 

Pada webinar kali ini, Ibu Dian juga menyampaikan siklus manajemen proyek. Berikut beberapa siklus perputarannya.

 

  1. Initiating, merupakan tahap awal untuk menggali kebutuhan klien agar proses penentuan aspek menjadi lebih mudah
  2. Planing, adalah proses perencanaan, mulai dari pembuatan strategi, timeline, daftar internal, dan lain sebagainya
  3. Executing, adalah tahap pelaksanaan proyek sesuai strategi yang sudah direncanakan sebelumnya. Di tahap ini, Anda juga akan melakukan tes terhadap proyek yang dikerjakan
  4. Monitoring and controlling, merupakan tahap pengontrolan dan pemonitoran terhadap pelaksanaan proyek serta mengelola tingkat resiko yang ada. Anda harus memberikan laporan perkembangan kepada klien di tahap ini
  5. Closing, merupakan bagian serah terima proyek sekaligus menjadi tanda bahwa proyek sudah selesai dan sesuai dengan kebutuhan klien. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk membuat laporan akhir, penutupan, serta serah terima

 

Soft Skill Project Manager

 

Sebagai seorang project manager, Anda harus memiliki soft skill berupa: 

 

  1. Tanggung jawab dalam mengelola proyek
  2. Jujur dalam menyampaikan perkembangan dan informasi
  3. Menghargai perbedaan dan pendapat orang lain
  4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seperti kemampuan presentasi, berbicara depan umum, dan negosiasi
  5. Mampu bekerja secara terorganisir
  6. Manajemen waktu yang baik
  7. Bisa bekerja dengan maksimal di bawah tekanan karena berpacu dengan tenggat waktu

 

Webinar series 43 ini berlangsung seru dan menyenangkan. Interaksi antara peserta dan narasumber juga sangat baik karena adanya sesi tanya jawab. Bagi Anda yang ketinggalan, silahkan cek siaran ulangnya di YouTube resmi eCampuz.