Setiap hari Jum’at pukul 14.00-16.00 WIB, eCampuz rutin mengadakan webinar seputar karir dan dunia kemahasiswaan melalui Zoom Meeting. Di edisi tanggal 24 September 2021 lalu, eCampuz mengusung web seminar yang bertajuk ‘Mengenal Profesi Arsiparis di Era Teknologi’ 

Sebagai pematerinya, eCampuz mengundang Ibu Lastria Nurtanzila yang merupakan alumni S1 dan S2 jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik di UGM. Kini beliau aktif sebagai dosen jurusan Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya di Sekolah Vokasi UGM.   

Ibu Latria menjelaskan bahwa arsiparis adalah seseorang yang berkompeten dalam bidang kearsipan. Yaitu ilmu tentang pengelolaan arsip dan dokumen tertentu milik suatu organisasi yang bertujuan untuk perencanaan, kegiatan manajemen, serta pengambilan keputusan penting. 

Profesi arsiparis sendiri terdiri dari beberapa tingkatan. Dilihat dari segi keahlian, ada 4 tingkatan arsiparis, yaitu tenaga ahli pratama, muda, madya, serta utama. Sedangkan dari segi keterampilan, terdapat 3 tingkatan arsiparis, yaitu terampil, madya, dan penyelia.

Arsiparis di Industri 4.0

Meskipun kini telah memasuki era 4.0, namun profesi arsiparis tetap dibutuhkan. Menurut riset tahun 2019 saja, kebutuhan jumlah arsiparis di Indonesia mencapai 67.255 orang. Jumah tersebut untuk memenuhi kebutuhan lembaga kearsipan, BUMN, pemerintah, hingga perbankan dan sektor privat.

Seperti di industri 4.0 sekarang, dimana segala bentuk kearsipan memanfaatkan cyber physical system. Hal ini menunjukkan bahwa dunia kearsipan harus mengikuti perkembangan teknologi dan  mengutamakan paperless, efisiensi administrasi, otomasi perkantoran, serta cloud storage.

Tema Kearsipan di Era Digital

Ada 3 tema menarik tentang kearsipan di dunia digital saat ini, yaitu:

  1. Manajemen arsip elektronik yang terdiri dari teknologi informasi kearsipan, sistem informasi kearsipan, serta pusat data elektronik.
  2. Big data, terdiri dari pengelolaan data dan sistem informasi dan jaringan
  3. Alih media, meliputi kegiatan digitalisasi, digitasi, serta preservasi. 

Ketiga tema tersebut sangatlah dibutuhkan banyak institusi, baik pemerintahan maupun swasta. Tak heran, prospek lulusan sarjana terapan di bidang pengelolaan arsip lumayan menjanjikan.

Setelah menyimak materi webinar dari Ibu Lastria, para peserta mengajukan beberapa pertanyaan. Menariknya, eCampuz menyiapkan voucher konsultasi potensi diri secara gratis bagi peserta beruntung. Untuk ingin tahu materi selengkapnya, cek videonya di YouTube eCampuz Official.