eCampuz kembali menyelenggarakan webinar bertajuk  ‘Memiliki Startup Digital Tanpa Harus Membuat Platform Aplikasi’. Series 53 ini mengundang Adhika Trisliantama sebagai pembicara. Dia adalah seorang Social Development Studies Center Fisipol UGM.

 

Web seminar ini sukses terselenggara pada tanggal 29 Oktober 2021 lalu lewat Zoom Meeting dan Youtube eCampuz Official pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Adhika akan memaparkan materi terkait cara membangun startup digital tanpa paham coding.

 

Pengertian Startup 

 

Startup digital merupakan perusahaan rintisan yang mengandalkan kecanggihan teknologi informasi, seperti internet untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Umumnya, konsep dasar dari startup digital adalah masalah sehari-hari yang dialami masyarakat Indonesia.

 

Membangun startup digital ternyata tidak harus menguasai keterampilan komputer, seperti bahasa pemrograman. Namun, Anda perlu mempelajarinya agar bisa mengembangkannya menjadi lebih besar.

 

Mengenal Sociopreneurship

 

Dalam dunia startup, ada istilah sociopreneurship. Istilah ini diambil dari kata social dan entrepreneurship. Artinya, sociopreneurship merupakan seorang yang menggunakan konsep bisnis untuk mengatasi berbagai masalah sosial.

 

Dibandingkan dengan pebisnis biasa, sociopreneurship memiliki karakteristik tersendiri, seperti:

 

  1. Kinerjanya fokus pada misi sosial
  2. Bersifat inovatif dan terbuka pada feedback
  3. Memiliki dampak yang besar bagi masyarakat

 

Cara Memulai Startup Digital Sebagai Sociopreneurship 

 

Untuk memulai berkarir di dunia startup digital tanpa menguasai coding, Anda perlu menemukan masalah sosial di sekitar Anda terlebih dahulu. Dari masalah-masalah itu, Anda bisa mencari alternatif solusi dengan menggunakan cara bisnis.

 

Pencarian solusi bisa dilakukan dengan melakukan analisa market. Kemudian, tetapkan sejumlah ide dan fitur-fitur. Terakhir, Anda bisa langsung membuat startup dan melakukan evaluasi secara berkala.

 

Pada web seminar kali ini, Adhika juga menyarankan Anda untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba startup, apalagi jika Anda masih di usia produktif. Selain bisa menjadi sarana latihan dan pengembangan diri, Anda juga bisa membangun relasi.

 

Penutup

 

Setelah selesai memaparkan materi, Adhika memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanya atau memberikan pendapat. Diskusi antara peserta dan pembicara berlangsung aktif. 

 

Bukan hanya menambah pengetahuan, Anda juga mendapatkan tiket gratis potensi diri. Jangan khawatir bila Anda tidak sempat mengikuti webinar kali ini secara langsung. Anda bisa melihat siaran ulangnya di kanal Youtube resmi milik eCampuz.