ECAMPUZ.COM, Jakarta – Tim eCampuz pada tanggal 21-22 September 2022 melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi eAdmisi, eRegistrasi, ePembayaran, eAkademik, dan eAlumni di Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti Jakarta. Kegiatan ini merupakan pelatihan ulang (refreshment) untuk membantu operator kampus agar lebih mendalami bagaimana cara penggunaan aplikasi dari eCampuz.

Sesi pelatihan ulang bersama bapak/ibu operator dari STMK Trisakti Jakarta

Sesi pertama re-training membahas dan mensimulasikan kembali tiga aplikasi yang berhubungan dengan proses penerimaan mahasiswa baru. Dimulai dari pengaturan periode penerimaan mahasiswa baru, pengaturan penentuan tarif pendaftaran, sampai dengan proses pendaftaran yang dilakukan oleh seorang calon mahasiswa baru. Proses selanjutnya adalah pengelolaan data pendaftar hingga memproses penerimaan PMB dan pembuatan NIM. Sesi kedua, aplikasi yang dibahas adalah aplikasi eAlumni dan Portal Akademik. Serupa dengan sesi pertama, dijelaskan kembali fungsi dari setiap fitur yang ada di aplikasi, beserta simulasi penggunaannya.

Baca juga: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Digital Ringankan Tugas Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Hari kedua pelatihan diisi dengan pemaparan materi mengenai eAkademik dan juga ePustaka. Dalam sesi materi eAkademik, pengelolaan data referensi dan data transaksional seperti pembuatan kelas perkuliahan, KRS, hingga input nilai diulas kembali. Selanjutnya, pada sesi pelatihan ePustaka, operator yang mengelola data perpustakaan berharap agar aplikasi ePustaka dapat mulai digunakan. Selama ini beberapa proses pada sirkulasi perpustakaan masih dilakukan secara manual, sehingga berharap melalui implementasi ePustaka nantinya dapat mendorong pengelolaan data sirkulasi di perpustakaan dengan lebih baik dan terstruktur.

Harapan dari berlangsungnya kegiatan ini adalah implementasi aplikasi dari eCampuz dapat semakin lancar dan memberikan manfaat bagi peningkatan layanan di STMK Trisakti.