ECAMPUZ.COM, Jayapura – 17 November 2022, Tim eCampuz telah selesai melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi SI-PACE (Sistem Informasi Pengelolaan Aset Cenderawasih) di Universitas Cenderawasih (UNCEN). Agenda bimbingan teknis ini dilaksanakan selama tiga hari di Gedung Rektorat Universitas Cenderawasih dan dihadiri oleh Operator Pusat serta Operator Unit. Agenda Training of Trainer juga turut dilaksanakan.

Agenda hari pertama dimulai tanggal 15 November 2022, dibuka oleh Bapak Marvin Itaar, S.H., M.AP. selaku Kepala Biro Administrasi Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama (BAPSIK) UNCEN. Diawali dengan ToT (Training of Trainer) bersama dengan Operator Aset Pusat yang dihadiri oleh Bapak Yusup R. Siahaya, S.Sos. selaku Koordinator UHTL dan Ibu Hesty E. Kurniasari, S.E., M.Ak. selaku Sub Koordinator Perlengkapan. Pembahasan di hari pertama adalah menyampaikan laporan progres aplikasi SI-PACE dan koordinasi dengan Operator Aset Pusat mengenai fitur-fitur mana saja yang akan dilatihkan kepada seluruh operator unit kerja pada agenda Bimtek di hari kedua dan ketiga.

bimbingan-teknis-si-pace-uncen
Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi SI-PACE di Universitas Cenderawasih

Agenda hari kedua yaitu agenda utama dari rangkaian acara Bimtek Aplikasi SI-PACE UNCEN. Pembukaan kegiatan Bimtek Aplikasi SI-PACE secara resmi dibuka oleh Bapak Yusup R. Siahaya, S.Sos. selaku Koordinator UHTL dan Ibu Hesty E. Kurniasari, S.E., M.Ak selaku Sub Koordinator perlengkapan dengan dihadiri para operator masing-masing Unit Kerja di lingkungan UNCEN. Setelah pembukaan, acara diserahkan kepada Tim eCampuz sebagai narasumber untuk menyampaikan materi pelatihan. Dalam Bimtek hari pertama ini, materi yang dibahas adalah mengenai cara penggunaan Aplikasi SI-PACE untuk Modul Aset terlebih dahulu. Modul Aset ini meliputi inventarisasi aset, mutasi barang, usulan pengadaan barang, utilisasi aset dan ruang, serta pemeliharaan barang. Operator unit tampak antusias. Mereka menyampaikan banyak pertanyaan terkait penggunaan aplikasi, mengingat selama ini untuk pengelolaan aset di lingkungan UNCEN masih dilakukan secara manual.

Baca juga: Implementasi Sistem Informasi Aset di Berbagai Perguruan Tinggi

Hari terakhir pelatihan, 17 November 2022. Agenda Bimbingan Teknis Aplikasi SI-PACE dilanjutkan dengan materi Modul Persediaan. Dalam sesi ini para operator unit mencoba Modul Persediaan yang meliputi fitur Permintaan ATK dan Gudang Unit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi mengenai aplikasi SI-PACE. Diskusi berjalan dengan lancar. Saran dan masukan dari operator unit kerja UNCEN disampaikan kepada Tim eCampuz untuk pengembangan aplikasi SI-PACE ke depan. Kegiatan bimbingan teknis ditutup secara resmi oleh Bapak Marvin Itaar, S.H., M.AP. selaku Kepala Biro Administrasi Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama (BAPSIK) UNCEN.

Serangkaian acara Bimtek Aplikasi SI-PACE ini diharapkan dapat membantu pengguna aplikasi SI-PACE untuk lebih mudah dan menguasai keseluruhan penggunaan fitur yang ada di aplikasi SI-PACE. Harapannya, dengan adanya aplikasi SI-PACE ini dapat mengakomodir seluruh kebutuhan UNCEN dalam mendigitalisasi pengelolaan asetnya.