ECAMPUZ.COM – Kamis, 11 Mei 2023, Universitas Tompotika Luwuk Banggai (UNTIKA) bersama dengan tim eCampuz tengah mempersiapkan integrasi sistem pembayaran mahasiswa dengan sistem perbankan. Diskusi terkait ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan melibatkan beberapa pihak terkait diantaranya, staf keuangan, Kepala Bagian Keuangan, serta Wakil Rektor II UNTIKA.

UNTIKA berencana untuk melibatkan Bank BRI sebagai partner perbankan dalam rencana integrasi ini. Proses tersebut melibatkan koordinasi dengan pihak perbankan terkait penyesuaian sistem, pengujian aplikasi pembayaran, hingga pengiriman data ke sistem ePembayaran UNTIKA. Item pembayaran SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) atau UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dilakukan oleh mahasiswa sangat penting bagi operasional kampus. Oleh karena itu, integrasi sistem pembayaran dengan perbankan akan memperlancar proses ini.

Selain memungkinkan pembayaran tanpa uang tunai, integrasi ini juga memastikan administrasi pembayaran yang terdata dengan baik, menghindari duplikasi pembayaran, serta memudahkan perubahan status mahasiswa yang melakukan KRS (Kartu Rencana Studi). UNTIKA berharap dapat memperoleh berbagai manfaat lainnya melalui integrasi ini. Oleh karena itu, pemilihan partner perbankan yang tepat menjadi faktor penting dalam menciptakan integrasi pembayaran yang diinginkan.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan partner perbankan antara lain adalah teknologi yang digunakan, respon tim pendukung dari perbankan, dan variasi kanal elektronik yang tersedia bagi mahasiswa. UNTIKA meyakinkan bahwa sistem informasi manajemen kampus akan dikelola dengan baik oleh eCampuz. Bersama-sama dengan eCampuz, UNTIKA berkomitmen mendukung peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi melalui sistem informasi yang terintegrasi dan efisien.

Integrasi sistem pembayaran mahasiswa (ePembayaran) dengan perbankan akan membawa kemudahan dan efisiensi bagi UNTIKA dalam menjalankan operasional kampus serta meningkatkan pelayanan kepada civitas academica. Harapannya, langkah ini akan menjadi tonggak penting dalam mengoptimalkan manajemen keuangan kampus dan mendukung pengembangan pendidikan yang lebih baik di UNTIKA.