ECAMPUZ.COM – 9 Mei 2023, tim eCampuz melaksanakan kegiatan pendampingan implementasi eSPMI untuk Universitas Potensi Utama (UPU) secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yang terlaksana pada 18 Januari 2023.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Nevy Isyama, narasumber pada kegiatan tersebut memaparkan secara rinci mengenai aplikasi eSPMI, termasuk syarat-syarat implementasi dan alur penggunaannya. Setelah paparan dan penjelasan, dilanjutkan dengan praktek langsung penggunaan aplikasi untuk akun LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) dalam melakukan pengaturan data awal pada eSPMI.

Terdapat lima poin penting yang disampaikan, yaitu: data standar mutu, data auditee dan auditor, akun login, pengaturan periode, serta proses unggah dokumen. Selanjutnya, pada sesi berikutnya, para peserta yang bertindak sebagai auditee bergantian mencoba proses evaluasi diri, Rencana Tindak Lanjut (RTL), unggahan dokumen, dan impor file. Seluruh proses ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

pendampingan-espmi-univ-potensi-utama
Dokumentasi bersama peserta pelatihan dari Universitas Potensi Utama

Agenda pendampingan implementasi eSPMI UPU berakhir pada pukul 14.15 setelah seluruh proses auditor, fakultas, dan unit penunjang berhasil dilakukan. Beberapa pertanyaan yang muncul selama kegiatan menjadi bahan diskusi yang akan dikembangkan dalam sistem eSPMI selanjutnya.

Meskipun dilaksanakan secara daring, peserta tetap antusias hingga berakhirnya acara. Meskipun telah berakhir, diharapkan komunikasi dan diskusi secara online akan tetap berlanjut guna memastikan kelancaran penggunaan eSPMI.

Kegiatan ini menjadi langkah strategis Universitas Potensi Utama dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan melalui implementasi eSPMI. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini, sistem penjaminan mutu internal universitas dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.