ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 5 Desember 2023. Telah dilaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi eSPMI oleh Tim eCampuz untuk Politeknik Aceh Selatan (POLTAS). Pelatihan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh Auditee, Auditor, serta perwakilan LPM Politeknik Aceh Selatan.

Pelatihan dimulai oleh Nevy Isyama dengan pemaparan mengenai seperti apa aplikasi eSPMI dan bagaimana aplikasi tersebut dapat mempermudah proses sistem penjaminan mutu internal di kampus. Selanjutnya dilakukan preview aplikasi dan penjelasan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Peserta pelatihan yang terdiri dari admin, Tim LPM di Politeknik Aceh Selatan dapat mengikuti dengan baik saat praktek pengisian, ubah dan juga hapus data di eSPMI. Terdapat banyak pertanyaan dari role admin mengenai standar mutu, auditor dan pembuatan akun menampakkan antusiasme yang tinggi terhadap implementasi aplikasi eSPMI di Politeknik Aceh Selatan.

pelatihan-spmi-politeknik-aceh-selatan
Dokumentasi pada saat proses pelatihan berlangsung

Sesi pelatihan selanjutnya adalah praktek langsung pada aplikasi mulai dari role auditee dan auditor. Setelah dilakukan praktek dari setiap role, peserta pelatihan melakukan simulasi sederhana pengisian data evaluasi diri, desk evaluation dan visitasi. Kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai penggunaan menu Manajemen Dokumen dan cara unggah dokumen, karena menurut bapak/ibu dari POLTAS hal ini termasuk penting dalam proses AMI dan unggah dokumen juga dapat dilakukan kapan saja ketika memang sudah memiliki dokumen pendukung AMI.

Melalui kegiatan pelatihan ini, harapannya tim eCampuz dapat mendampingi kegiatan SPMI di Politeknik Aceh Selatan dengan baik. Telah disiapkan group untuk diskusi lanjutan apabila diperlukan tanya jawab maupun penyampaian kendala saat implementasi aplikasi.