Jumat, 27 November 2020, webinar series bertajuk “Belajar Project Management Tidak Sesulit Itu Kawan!” sukses terlaksana. Pembicara pada web seminar kali ini adalah CEO PT. Solusi Kampus Indonesia, Bapak Awaludin Zakaria, S.Kom, MBA, PMP, PMI-RMP. Mengangkat topik IT Project Management, webinar seri ke-7 ini berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference dan kanal YouTube eCampuz Official.

 

Fokus Pembahasan

Diskusi seru antara pembicara dan para peserta dimulai dengan membahas resep makanan Indonesia. Pada kesempatan itu, Pak Awal memberikan resep nasi goreng, omelet, dan dadar kuah. Setelah itu, beliau menyampaikan apa saja yang dibutuhkan dalam project management. Tahapan yang dibutuhkan adalah penetapan tujuan, inisiatif, membuat rencana, menentukan prioritas, melengkapi rencana, menjalankan kegiatan, mengontrol, dan menugaskan. Pembahasan webinar juga fokus kepada syarat untuk menghasilkan project management yang baik. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah keahlian khusus, kompetensi personal, performa, manajemen umum, dan pengetahuan.

 

Mengenal Stakeholders

Dalam project management, dikenal istilah stakeholders. Istilah ini digunakan untuk menyebut para pemangku jabatan. Stakeholders sendiri dibagi menjadi beberapa model, yaitu dominant, dangerous, definitive, dependent, dormant, discretionary, dan demanding. Meskipun ada banyak jenisnya, tapi setiap stakeholders tetap memiliki tugas yang sama, seperti mencari ide, merencanakan, melaksanakan, mengontrol, dan menyempurnakan.

 

Kesalahan dalam Project Management

Dalam membangun manajemen proyek, seringkali kurang memahami mengenai ruang lingkup proyek. Padahal ini sangat penting agar seluruh komponen dalam perusahaan membentuk pondasi yang kuat untuk meraih kesuksesan. Kesalahan yang selanjutnya adalah tidak adanya dukungan dari pemangku jabatan. Sebagai atasan, tentu saja Anda harus memotivasi, mendukung, dan mengontrol para karyawan. Jika tidak, proyek manajemen tidak akan berjalan dengan lancar.

Selain itu, manajemen proyek seringkali tidak memiliki kedudukan yang jelas. Apabila karyawan tidak mengetahui peran dan tugasnya dengan jelas, maka pelaksana tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Ketidak siapan akan perubahan juga dapat menjadi penyebab gagalnya suatu manajemen proyek. Selanjutnya, kegagalan dalam mengatur anggaran juga menghancurkan bisnis.

Meskipun terkesan sederhana, tapi komunikasi yang kurang baik antar karyawan maupun antar jabatan dapat menggagalkan manajemen proyek. Selain itu, beliau juga menyampaikan kesalahan terkait deadline, tenaga kerja, dan strategi.

 

Apa yang Didapatkan Peserta Webinar?

Selain mendapatkan informasi dasar seputar project management, Pak Awal membuka sesi tanya jawab. Tidak hanya ilmu yang sangat berharga, para peserta webinar eCampuz seri ke-7 mendapatkan e-sertifikat, e-materi, dan voucher tes kepribadian. Untuk penjelasan materi lebih lanjut, pembaca dapat beralih ke laman YouTube eCampuz Official.

Simak videonya: Belajar Project Management Tidak Sesulit Itu Kawan!