Pada hari Jumat, 21 Mei 2021, webinar series bertajuk ‘Tips Berkarir Menjadi PNS Bergelar Doktor’ yang diadakan eCampuz, sukses terlaksana. Pada web seminar kali ini, eCampuz mendatangkan narasumber Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng, selaku kepala bidang keamanan informasi sekaligus persandian dinas komunikasi dan informatika Daerah Istimewa Yogyakarta.

Web seminar eCampuz series 30 ini diselenggarakan pukul 14.00 – 16.00 WIB lewat kanal YouTube eCampuz Official dan Zoom Video Conference. Diikuti oleh puluhan orang, interaksi antara narasumber dan peserta berjalan dengan lancar.

Alasan Menjadi PNS

Webinar series 30 ini menjelaskan beberapa alasan seseorang memutuskan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Beberapa diantara mereka tertarik untuk menjadi PNS lantaran cita-cita sedari kecil. Selain itu, dorongan dari keluarga juga dapat memicu seseorang untuk menjadi seorang PNS.

Beberapa orang yang lain menyebut bahwa alasannya adalah karena peluang melanjutkan studi, ingin jenjang karir yang jelas, jaminan di hari tua, ingin bekerja dengan nyaman, dan lain sebagainya. Tidak sedikit pula orang yang berniat menjadi PNS untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan kreativitas.

Untuk menjadi seorang PNS, Anda memerlukan beberapa motivasi, baik eksternal maupun internal. Alangkah baiknya jika motivasi berasal dari dalam diri Anda sendiri agar Anda dapat lebih bersemangat, kreatif, rajin, inovatif, dan penuh dedikasi.

Tips Menjadi PNS

Dalam berkarir sebagai seorang PNS, pendidikan memang menjadi hal terpenting. Dengan menempuh pendidikan yang tinggi, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dan mengatasi suatu masalah secara bijaksana. Bila Anda ingin berkarir menjadi seorang PNS, berikut beberapa tips yang perlu Anda terapkan:

  1. Jadikan pendidikan sebagai pendongkrak karir PNS
  2. Jangan terjebak pada stigma ‘pendidikan yang tinggi akan mendapatkan pendapatan yang tinggi’
  3. Anggap pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja Anda sebagai seorang PNS
  4. Jangan terlalu berekspektasi. Ketahui bahwa pendidikan yang tinggi belum tentu menentukan posisi atau jabatan Anda dalam sistem kerja PNS
  5. Tingkatkan kemampuan, baik secara individu maupun organisasi

Setelah pembahasan materi webinar berakhir, narasumber mengadakan tanya jawab dengan para peserta. Tidak hanya ilmu dan motivasi yang didapatkan, para peserta juga berkesempatan untuk mengikuti tes identifikasi potensi diri sebagai bekal sebelum berkarir.