Pada hari Jumat, 18 Juni 2021, webinar series bertajuk ‘Persiapan Karir Menjadi Konsultan IT’ yang diadakan eCampuz, terlaksana tanpa hambatan. Pada web seminar kali ini, eCampuz mendatangkan Bapak Pradiptya Setyahadi, S.Kom, M.Sc, selaku IT consultant di PT Gamatechno Indonesia sekaligus tenaga ahli SPBE Kemenkominfo sebagai narasumber.

Web seminar eCampuz series 34 ini diselenggarakan mulai dari pukul 14.00 hingga 16.00 di kanal YouTube resmi eCampuz Official dan platform Zoom Video Conference.

 

Profesi di Bidang IT

Bila Anda menguasai ilmu komputer dan sejenisnya, maka berkarir sebagai IT dapat menjadi pilihan terbaik. Beberapa profesi yang bisa Anda jajal sebagai seorang IT adalah:

  1. Software developer, merupakan staff IT yang bertugas dalam riset, desain, implementasi, dan pengujian software
  2. Database administrator,  merupakan seorang ahli yang bertugas dalam mendesain, memelihara, serta memperbaiki database yang dimiliki organisasi
  3. Hardware engineer, bertugas untuk mendesain tata letak dan mengkonfigurasikan hardware komputer guna meningkatkan efisiensi
  4. System analyst, merupakan seorang penengah antara tim IT dan orang bisnis
  5. IT support, bertugas dalam memberikan bantuan teknis bagi perusahaan
  6. IT consultant, bertugas untuk memberikan konsultasi kepada klien mengenai berbagai masalah yang menyangkut teknologi

 

Cara Menjadi Konsultan IT

Setelah membahas profesi di bidang IT, Bapak Pradiptya juga menjabarkan cara menjadi konsultan IT dalam webinar ini. Berikut persiapan sebelum Anda memutuskan untuk menjadi konsultan IT:

  1. Memiliki keterampilan teknis dalam bidang IT
  2. Memiliki sikap yang sopan, baik dalam tutur kata maupun tingkah laku guna menjaga hubungan dengan klien
  3. Mampu menjaga rahasia dan menyimpan informasi penting atas setiap tugas yang dilaksanakan
  4. Memiliki keterampilan yang baik dalam bidang komunikasi
  5. Mengandalkan pengetahuan untuk mengirimkan solusi sesuai aturan yang berlaku

Setelah Anda menjadi seorang IT, penting bagi Anda untuk menjalankan tugas dan kewajiban semaksimal mungkin. Bila Anda seorang pemula, Anda akan dibayar mulai dari Rp5 juta. Seiring berjalannya waktu, gaji Anda akan terus meningkat hingga mencapai Rp15 juta atau lebih.

Pembahasan yang dari tadi Anda simak merupakan gambaran ringkas mengenai isi webinar. Anda dapat menyaksikan siaran ulang di kanal YouTube eCampuz untuk penjelasan lebih lengkapnya.