Pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, telah diadakan webinar series bertajuk ‘Tips Berkarir di Dunia Sales yang Penuh Warna’. Narasumber yang diundang eCampuz dalam web seminar kali ini adalah Ibu Tersa Andriana Lubis, selaku VP sales and marketing PT Halim Sinar Abadi.

 

Web seminar eCampuz series 42 ini diadakan lewat platform Zoom Video Conference pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikannya di kanal YouTube eCampuz Official.

 

Peluang Karir di Dunia Sales

 

Sales merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Pasalnya, sales menjadi ujung tombak dalam mempromosikan produk/jasa dari suatu perusahaan dan menarik klien.

 

Ketika menjadi seorang sales, Anda akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam karakter yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya. Peluang kerja sebagai sales juga sangat tinggi dan besar kecilnya gaji dapat ditentukan sendiri oleh Anda.

 

Selain itu, seorang sales juga bisa mengatur jam kerjanya sendiri, sehingga lebih fleksibel. Yang terpenting, menjadi seorang sales dapat menambah koneksi, sehingga peluang karir Anda kedepannya lebih terjamin.

 

Skill Karir Sales

 

Dalam webinar kali ini, Ibu Tersa memaparkan beberapa skill yang perlu Anda miliki sebagai seorang sales, yakni:

 

  1. Kemampuan pengontrolan diri yang baik
  2. Menguasai berbagai situasi
  3. Menguasai produk yang ditawarkan
  4. Memiliki kepercayaan diri dalam menjual produk
  5. Mampu melakukan negosiasi dengan pihak lain
  6. Dapat melakukan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli
  7. Membuat strategi dan target customer
  8. Mampu menjalin hubungan baik dengan customer 
  9. Mempresentasikan produk dengan baik

 

Tips Menjadi Sales

 

Berkarir sebagai seorang sales memang bukanlah hal yang sulit. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekan pekerjaan ini. Berikut beberapa tips menjadi seorang sales agar karir Anda semakin meningkat:

 

  1. Sebagai seorang sales, Anda dituntut untuk berpenampilan menarik, tapi tidak berlebihan
  2. Jangan pernah menyerah jika saat presentasi produk Anda mengalami penolakan
  3. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti oleh calon customer
  4. Belajar menjadi pendengar yang baik bagi pembeli

 

Setelah semua materi tersampaikan, Ibu Tersa membuka sesi tanya jawab. Para peserta yang beruntung dalam webinar series 42 ini berhak mendapatkan voucher konsultasi potensi diri dengan psikologi yang berpengalaman. Untuk informasi selengkapnya, silahkan lihat tayangan di YouTube eCampuz Official.