ECAMPUZ.COM – 21 Maret 2023, Tim eCampuz dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) Jakarta telah menggelar pelatihan penggunaan aplikasi eSPMI secara daring melalui Zoom Meeting. Pelatihan dihadiri oleh 15 orang peserta yang terdiri dari LPM (Lembaga Penjaminan Mutu), Auditee, dan Auditor dari STARKI.

Acara dibuka oleh Ibu Yulita Daru Prilianti selaku Kepala Penjaminan Mutu STARKI Jakarta. Selanjutnya untuk mengawali kegiatan pelatihan dilakukan diskusi ringan dari pihak internal STARKI mengenai SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang telah diterapkan di perguruan tinggi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai penggunaan aplikasi eSPMI oleh Nevy Isyama.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai dokumen dukung dan akun pengguna pada aplikasi eSPMI. Para peserta juga melakukan praktek langsung menggunakan aplikasi eSPMI. Admin dari STARKI mencoba untuk input dan update data secara mandiri pada menu Program Studi. LPM juga diberi kesempatan untuk menanyakan mengenai menu-menu di Admin dan cara pengoperasiannya. Selanjutnya, para peserta melakukan praktek dengan login sebagai Auditee dan yang terakhir praktek dengan login sebagai Auditor. Masing-masing peserta secara aktif mempraktekkan sendiri bagaimana mengisikan data Evaluasi Diri, data Desk Evaluation dan juga data Visitasi. Menu-menu krusial yang ada dalam aplikasi eSPMI seluruhnya dipaparkan dalam kegiatan pelatihan ini.

Pada jam terakhir pelatihan, terdapat pembahasan mengenai template laporan AMI (Audit Mutu Internal). Template laporan AMI yang saat ini masih berupa default dari eCampuz akan disesuaikan dengan laporan AMI milik STARKI.

Meskipun kegiatan pelatihan telah selesai, STARKI akan terus mendapatkan dukungan dan support dari Tim eCampuz melalui WhatsApp Group yang telah dibuat. Peserta pelatihan dapat bertanya mengenai hal-hal terkait penggunaan aplikasi eSPMI dan mendapatkan bantuan dari tim support. Selain itu, pertanyaan yang mungkin terlupa dan ingin ditanyakan dapat ditanyakan melalui WhatsApp Group tersebut.

Dalam pelatihan ini, para peserta sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan. Dengan adanya pelatihan ini semoga dapat membantu pengguna aplikasi untuk memahami lebih dalam tentang penggunaan aplikasi eSPMI dan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan di STARKI Jakarta, sehingga mencapai visi menghasilkan lulusan yang kritis, analitis, berkarakter dan berwawasan global. To Win the Future of Indonesia