ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 19 April 2024. Tim eCampuz telah sukses menyelenggarakan pelatihan sistem informasi akademik terintegrasi bagi STMIK Pesat Nabire. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 17―19 April 2024 ini dihadiri oleh berbagai pihak dari kampus tersebut, termasuk Tim IT, Bagian Administrasi, dan Bagian Keuangan.

Pelatihan ini difokuskan pada tata cara penggunaan aplikasi dalam Academic Management System (AMS) Cloud Package, yang mencakup beberapa modul seperti eAdmisi, eRegistrasi, dan ePembayaran. Aplikasi eAdmisi dirancang khusus untuk calon pendaftar, eRegistrasi untuk operasional proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), dan ePembayaran untuk operasional keuangan.

Sesi pertama pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2024, difokuskan pada persiapan pendaftaran mahasiswa baru, proses penerimaan, dan registrasi mahasiswa. Peserta pelatihan dipandu dalam melakukan proses setting jalur masuk, manajemen kelompok ujian, dan pengaturan tarif pembayaran pendaftaran. Selain itu, mereka juga melakukan simulasi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru.

Sesi kedua memaparkan aplikasi eAkademik dan proses setup data master seperti kurikulum dan semester. Peserta pelatihan aktif berpartisipasi dalam proses persiapan KRS, pembuatan kelas, dan approval KRS oleh dosen. Diskusi juga dilakukan terkait fitur-fitur pada aplikasi eAkademik, termasuk pengelolaan data perkuliahan dan pembuatan kelas.

pelatihan-stmik-pesat-nabire
Dokumentasi pada saat sesi pelatihan berlangsung.

Pada sesi terakhir, peserta dipandu dalam penggunaan portal akademik untuk input presensi dan nilai mahasiswa, serta proses pembuatan KHS dan transkrip nilai. Dilanjutkan dengan simulasi tugas akhir, yudisium, dan wisuda, serta diskusi mengenai penggunaan MBKM di kampus.

Pelatihan ini berjalan lancar dan diharapkan dapat membantu STMIK Pesat Nabire dalam mengimplementasikan eCampuz Cloud sebagai upaya bertransformasi ke administrasi digital. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kampus dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh civitas academica.