ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 26 April 2024. Selama tiga hari berturut-turut pada 23―25 April 2024, Tim eCampuz menyelenggarakan pelatihan penggunaan sistem informasi akademik terintegrasi melalui Zoom Meeting untuk bapak/ibu pengguna dari Universitas Nusantara Manado.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan hangat dari Dr. Femmy Sehang, perwakilan Universitas Nusantara Manado, yang menyampaikan harapannya terkait penggunaan sistem informasi akademik dari eCampuz. Dalam tiga hari pelatihan intensif, para peserta dibimbing untuk menguasai berbagai fitur aplikasi yang ditawarkan, termasuk eAdmisi, eRegistrasi, ePembayaran, eAkademik, serta aplikasi portal akademik untuk mahasiswa dan dosen.

Hari pertama pelatihan difokuskan pada penggunaan aplikasi eAdmisi, eRegistrasi, dan ePembayaran. Tim eCampuz menjelaskan dan memand peserta dalam simulasi alur penerimaan calon mahasiswa baru, mulai dari persiapan data referensi hingga pengumuman status kelulusan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk mempermudah proses administrasi bagi calon mahasiswa baru serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data. Selain itu, dipaparkan juga proses registrasi calon mahasiswa baru dan juga proses herregistrasi bagi mahasiswa lama.

pelatihan-nusantara-manado
Dokumentasi pada saat pelatihan berlangsung.

Pada hari kedua, materi pelatihan beralih ke aplikasi eAkademik, di mana para peserta dipandu dalam simulasi proses perkuliahan. Mulai dari persiapan semester baru hingga pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa, semua tahapan penting dalam manajemen akademik dibahas secara terperinci. Selain itu, proses penginputan nilai dan pembuatan Kartu Hasil Studi (KHS) juga menjadi fokus dalam pelatihan ini.

Hari terakhir pelatihan menyoroti penggunaan aplikasi Portal Akademik. Para peserta diajak untuk mengenal dan menggunakan fitur-fitur penting dalam pengelolaan akademik, seperti pengambilan KRS dan proses persetujuan KRS melalui portal dosen. Pada sesi ini tim eCampuz juga memperkenalkan aplikasi eAlumni untuk membantu pengelolaan data alumni dalam melakukan tracer dan merekap hasil tracer pada alumni.

Semoga implementasi eCampuz Cloud di Universitas Nusantara Manado dapat berjalan dengan baik, sehingga seluruh civitas academica di kampus menjadi lebih siap untuk bertransformasi ke administrasi digital.