Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua atau lebih dikenal ISBI Tanah Papua, bersama Tim eCampuz Cloud melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi Akademik. Berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 8 Maret hingga 11 Maret 2021 melalui video conference. Pelatihan kali ini diperuntukkan bagi penanggung jawab aplikasi dan operator dari tiap bagian dan program studi (prodi).

Hari pertama pelatihan membahas tentang aplikasi eAdmisi, eRegistrasi dan ePembayaran. Termasuk melakukan simulasi pelaksanaan proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) hingga mereka dinyatakan lolos seleksi. Hari kedua dilanjutkan dengan mempelajari dan mengulas tentang fitur eAkademik, sebagai aplikasi inti pengelolaan data akademik di sebuah perguruan tinggi. Pada agenda hari kedua ini, dilakukan simulasi apabila kampus akan mengawali sebuah semester baru.

Pada hari ketiga sekaligus penutup, pelatihan diisi dengan memperkenalkan penggunaan aplikasi ePortal Akademik kepada bapak/ibu dosen. Melalui aplikasi ePortal, dipaparkan penggunaan fitur yang berkaitan & dapat digunakan oleh seorang dosen dalam proses belajar mengajar dan e-learning.