ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 1 Desember 2023. Tim eCampuz telah sukses menggelar pelatihan penggunaan eCampuz Cloud untuk Universitas Nurul Hasanah Kutacane secara daring melalui Zoom Meeting. Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 27―28 November 2023 kemarin, membahas seluruh fungsionalitas aplikasi yang ada pada Academic Management System on Cloud, diantaranya eAkademik, eAdmisi, eRegistrasi, dan ePembayaran.

Hari pertama pelatihan, yang berlangsung pada Senin, 27 November 2023, difokuskan pada persiapan pendaftaran mahasiswa baru, penerimaan, dan registrasi mahasiswa. Tim eCampuz secara bertahap memandu operator dalam langkah-langkah penting, seperti proses setting data referensi yang diperlukan untuk proses pendaftaran, pengaturan periode, jalur masuk, kelompok ujian, tarif pendaftaran, serta simulasi pendaftaran melalui aplikasi Portal Admisi. Aplikasi tersebut adalah portal yang akan diakses oleh pendaftar atau calon mahasiswa.

pelatihan-univ-nurul-hasanah-kutacane
Foto dokumentasi bersama peserta pelatihan

Pada hari kedua, Selasa, 28 November 2023, pelatihan dibagi menjadi dua sesi yang padat materi. Sesi pertama menekankan pentingnya setting data referensi terkait kurikulum, mata kuliah, semester, dosen, dan data mahasiswa. Dilanjutkan dengan proses pengelolaan KRS, mulai dari pengaturan periode, pembuatan kelas, jadwal kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa, hingga simulasi pengisian KRS melalui Portal eAkademik Mahasiswa serta persetujuan KRS melalui Portal Dosen.

Sesi kedua pelatihan mencakup proses presensi, input nilai mahasiswa, pembuatan transkrip, hingga proses yudisium dan kelulusan. Dalam dua hari pelatihan yang intensif ini, proses pengelolaan data akademik secara digital diharapkan dapat lebih mudah diimplementasikan oleh Universitas Nurul Hasanah.

Kehadiran dan antusiasme peserta pelatihan mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan efektivitas sistem informasi akademik di universitas. Diharapkan, dengan pemahaman yang ditingkatkan, pihak universitas dapat lebih siap dalam menghadapi transformasi ke arah manajemen data akademik secara digital.