ECAMPUZ.COM – Yogyakarta, 21 Desember 2023. STKIP Sinar Cendekia menggelar pelatihan secara daring melalui Zoom Meeting dengan fokus utama pada penggunaan eCampuz Cloud. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 19―20 Desember 2023. Melibatkan berbagai pihak, dari Tim eCampuz terdiri dari Zurni Laila dan Lintang Suci Rochmana sebagai Application Specialist. Peserta kegiatan berasal dari Bagian Puskom, Bagian Pendaftaran & Pembayaran, BAAK, dan Operator Unit.

Selama dua hari, Tim eCampuz memberikan paparan pelatihan Academic Management System on Cloud yang mencakup beberapa aplikasi, diantaranya adalah eAdmisi, eRegistrasi, ePembayaran, dan eAkademik. Hari pertama pelatihan berfokus pada pemaparan proses persiapan pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru, serta registrasi dan herregistrasi mahasiswa menjadi sorotan utama. Tim eCampuz dengan cermat memandu peserta pelatihan dalam simulasi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru.

Hari kedua pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, berlangsung selama tiga jam dengan fokus pada penjelasan aplikasi eAkademik, termasuk Portal Akademik Mahasiswa, dan Portal Akademik Dosen. Tim eCampuz memberikan panduan terkait pengaturan data referensi, persiapan KRS, serta proses persetujuan KRS mahasiswa oleh dosen.

Sesi kedua pelatihan, dimulai pada jam 13:00―15:00 WIB mencakup pembahasan proses pengelolaan presensi, input nilai, generate KHS, transkrip mahasiswa, serta implementasi tugas akhir dan yudisium. Peserta pelatihan terlibat aktif di sesi ini dengan menunjukkan antusiasme yang tinggi saat mengajukan pertanyaan terkait aplikasi kepada tim eCampuz.

Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, STKIP Sinar Cendekia menunjukkan kesiapannya menghadapi transformasi digital dalam pengelolaan proses akademik. Memastikan bahwa seluruh bagian kampus dapat memaksimalkan penggunaan eCampuz Cloud untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan akademik.